Irwan Febri Rialdi
Timnas Laos U-23 saat melakoni laga ujo coba persiapan Piala AFF U-23 2022. (Dok. LFF)

Bolatimes.com - Laos menjadi salah satu lawan yang akan dihadapi oleh Timnas Indonesia U-23 di Grup B Piala AFF U-23 2022. Skuad 'Garuda Muda' harus mewaspadai lawannya ini.

Rencananya kompetisi kelompok umur antar negara di Asia Tenggara ini bakal dimulai pada 14 Februari mendatang. Selain Laos, Indonesia satu grup dengan Myanmar dan Malaysia.

Di atas kertas, Malaysia menjadi lawan yang paling berat buat Timnas Indonesia U-23. Namun, Laos nyatanya punya potensi untuk menyulitkan skuad Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Potret Rafathar dan Rayyanza Berenang, Anak Bos Rans Cilegon FC Bikin Gemas

Di atas kertas, Timnas Indonesia U-23 yang berstatus sebagai juara bertahan lebih diunggulkan. Namun, Laos punya potensi untuk menjadi kuda hitam dan menyulitkan skuad 'Garuda Muda'.

Berikut alasan-alasan Timnas Indonesia U-23 tidak boleh meremehkan Laos di Piala AFF U-23.

1. Laos Punya Pemain Berpengalaman

Baca Juga:
Inter Milan vs AS Roma, Inzaghi Pede Nerazzurri ke Semifinal Coppa Italia

Timnas Laos U-23 membawa banyak pemain muda yang sudah mendapatkan jam terbang untuk menghadapi laga internasional di Piala AFF U-23 2022 ini.

Setidaknya, pelatih timnas Laos U-23, Michael Weiss, mengangkut 12 pemain muda yang sebelumnya sudah diboyong ke ajang Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu.

Meski Laos tidak tampil mengesankan di Piala AFF 2020, pengalaman yang didapatkan oleh para pemain muda ini bisa menjadi modal positif buat timnas Laos U-23.

Baca Juga:
Kemaluan Privat Mbarga Ditendang Kipuw, Pelatih Bali United Kritik Wasit

2. Punya Modal Positif

Timnas Indonesia U-23 tidak punya jadwal uji coba sebelum mengarungi Piala AFF U-23 2022. Tidak diketahui alasan dibalik keputusan tidak menyertakan uji coba.

Di lain sisi, Laos mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mereka mengadakan pertandingan uji coba. Pertama mereka os menang 2-0 lawan tim Provinsi Saravane.

Baca Juga:
Witan Sulaeman Diisukan Tak Bisa Didaftarkan, FK Senica Boyong Pemain Baru

Masih ada satu laga uji coba lainnya yang bakal dijalani oleh tim asuhan Michael Weiss ini. Mereka bakal menjalani laga melawan Champasak FC.

3. Persiapan Indonesia Tak Maksimal

Ketika tim-tim lain gencar melakukan persiapan, Timnas Indonesia U-23 justru belum bisa berlatih dengan maksimal karena banyak pemain yang dipanggil belum bisa bergabung ke dalam skuad.

Sempitnya waktu untuk berkumpul dan berlatih bersama tentunya berpotensi mengganggu kekompakan Timnas Indonesia U-23 dan tidak menutup kemungkinan bisa dimanfaatkan oleh lawan-lawannya termasuk Laos.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More