Jum'at, 02 Desember 2022
Husna Rahmayunita : Senin, 07 Februari 2022 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Gelaran Piala AFF U-23 2022 sudah semakin dekat dan timnas Indonesia U-23 harus segera bersia untuk mempertahankan gelar juara,

Pada ajang Piala AFF U-23 2022 ini, pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memutuskan untuk menggunakan pemain-pemain yang berkompetisi di liga domestik.

Artinya, tak ada pemain-pemain abroad yang dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2022.

Meski begitu, hal itu tak lantas membuat kekuatan skuad Garuda Muda menjadi lemah. Sebab, masih ada banyak pemain potensial yang diprediksi bisa bersinar di Piala AFF U-23 2022.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain timnas Indonesia yang diprediksi akan menggila di ajang Piala AFF U-23 2022.

1. Bagas Kaffa

Bagas Kaffa ketika mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. (Dok. PSSI)

Sektor bek kanan timnas Indonesia U-23 yang sebelumnya selalu menjadi milik Asnawi Mangkualam kini akan mencari pemain penggantinya.

Sebab, Asnawi tak dipanggil oleh Shin Tae-yong. Pemain yang paling berpeluang besar mengisi sektor ini ialah Amiruddin Bagas Kaffa.

Bek asal Barito Putera itu memiliki kesempatan besar untuk merebut hati Shin Tae-yong. Sebab, ia merupakan salah satu bek sayap terbaik yang memiliki atribut ofensif.

2. Pratama Arhan

Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan Man of the Match laga Timnas Indonesia kontra Malaysia. [AFF Suzuki / Twitter]

Statusnya sebagai pemain muda terbaik Piala Menpora 2021 dan Piala AFF 2020 sudah cukup membuktikan betapa besarnya potensi yang dimiliki Pratama Arhan.

Pemain asal PSIS Semarang ini selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong pada Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu.

Setidaknya, Pratama Arhan telah mencetak dua gol dan dua assist untuk skuad Garuda hingga akhirnya menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Sinar Pratama Arhan diprediksi masih akan terus berlanjut ketika memperkuat timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2022.

3. Marselino Ferdinan

Pemain Timnas Indonesia U-16 Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Dalam pertandingan tersebut Timnas Indonesia U-16 menang 15-1. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz

Meskipun usianya baru menginjak 17 tahun, Marselino Ferdinan sudah mendapat kepercayaan yang luar biasa dari pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

Dari total 14 kali penampilannya di Liga 1 2021-2022, Marsel sudah menyumbang empat gol dan lima assist untuk skuad Bajul Ijo.

Pada Piala AFF U-23 2022, Marsel diprediksi bakal menjadi salah satu gelandang andalan Shin Tae-yong di lini tengah.

Hal itu salah satunya terbukti ketika timnas Indonesia bertanding melawan Timor Leste pada dua laga FIFA Matchday.

Pada laga pertama, Marsel bermain sebagai pemain pengganti. Namun, performanya mendapatkan pujian dari Shin Tae-yong.

Sedangkan pada laga kedua, pemain jebolan timnas Indonesia U-16 ini tampil penuh selama 90 menit.

4. Ronaldo Kwateh

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)

Ronaldo Kwateh memang masih berusia 17 tahun, sama seperti Marselino Ferdinan. Namun, dia sudah mendapat kesempatan debut di timnas Indonesia pada ajang FIFA Matchday lalu melawan Timor Leste.

Ronaldo Kwateh diprediksi bakal tampil impresif bersama timnas Indonesia U-23 di kejuaraan Piala AFF U-23 2022.

Pemain muda asal Madura United ini memiliki kemampuan olah bola yang mumpuni. Dia bisa menjadi pemain yang merepotkan di barisan pertahanan lawan.

5. Beckham Putra Nugraha

Pemain Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Iran U-19, Yasin Salmani (kanan) pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Gelandang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, juga diyakini bakal menjadi kekuatan penting timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022.

Sejauh ini, gelandang berusia 20 tahun itu sudah mencatatkan dua gol dan tiga assist dari 15 penampilannya bersama tim Pangeran Biru.

Bukan tidak mungkin, Beckham bakal menjadi salah satu pemain penting yang akan mengisi sektor lini tengah timnas Indonesia U-23.

Sebab, sebelumnya dia juga sudah mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong saat bermain di timnas Indonesia U-19.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

BACA SELANJUTNYA

Jelang Piala AFF 2022, Cristian Gonzales dan Pratama Arhan Jadi Sorotan Akun Media Sosial Resmi AFF