Husna Rahmayunita
Petinju kelas berat, Oleksandr Usyk jadi pesepak bola. (AFP/Sergei Supinsky)

Bolatimes.com - Tak terhitung berapa banyak atlet dari cabang olahraga lain mencoba menjalani karier sebagai pesepak bola. Salah satunya Oleksandr Usyk.

Oleksandr Usyk sama halnya dengan Usain Bolt, pelari dunia yang mencicipi lapangan hijau usai menanggalkan kariernya di kancah atletik pada 2017 lalu.

Pemegang rekor dunia untuk lari 100 meter ini lantas bergabung dengan Borussia Dortmund di mana ia menjalani trial selama dua hari pada 2018.

Baca Juga:
Wayne Rooney, Dibuat Stres Sir Alex Ferguson saat Istri Baru Melahirkan

Namun, karier sepak bolanya justru terjadi di Australia di mana Usain Bolt bergabung Central Coast Mariners pada Agustus 2018.

Dalam laga debutnya untuk Central Coast Mariners kala melawan Macarthur South West United, Usain Bolt berhasil mencetak dua gol.

Meski mampu mencetak gol, Usain Bolt tetap tak mendapat kontrak profesional hingga akhirnya ia memutuskan untuk tak melanjutkan mimpinya menjadi pesepak bola pada 2019.

Baca Juga:
Profil Wan Kuzri, Pemain Klub Amerika Serikat Incaran Timnas Malaysia U-23

Kisah Usain Bolt ini pun juga diikuti oleh seorang petinju bernama Oleksandr Usyk. Juara dunia tinju kelas berat berusia 35 tahun ini juga mencicipi karier sebagai pesepak bola profesional.

Bagaimana kisahnya? Berikut rangkumannya.

Cicipi Karier Sepak Bola Bersama Tim Kasta Kedua Ukraina

Baca Juga:
Deretan Pemain Timnas Indonesia Blak-blakan Ingin Berkarier di Luar Negeri

Oleksandr Usyk mencicipi karier sebagai pesepak bola amatir di kasta kedua Liga Ukraina bersama FC Polissya. Ia melakukan debutnya pada JUmat (04/02/22) waktu setempat dalam sebuah laga persahabatan.

Saat itu, Usyk masuk di menit ke-75 sebagai pemain pengganti saat FC Polyssa mengenakan nomor punggung 17.

Meski tak mencetak gol dan terlihat pasif karena beberapa kali hanya melakukan sentuhan terhadap bola, Usyk berhasil membawa timnya meraih kemenangan 2-1 di laga persahabatan itu.

Baca Juga:
Video Gol Indah Sani Rizki, Kecoh Igbonefo Lalu Bobol Gawang Persib Bandung

Bahkan debutnya ini membuat direktur klub FC Polissya, Volodymyr Zagursky ingin memberinya kontrak sebagai pemain profesional.

“Jika (Oleksandr) Usyk bisa membuat tim kami lebih kuat, kami akan menawarinya kontrak profesional, jika tidak, kami akan memberinya kesempatan untuk mencoba tangannya di sepak bola,” ujar Zagursky dikutip dari Mirror.

Meski demikian, banyak yang tak percaya bahwa Usyk akan mendapat kontrak profesional. Bisa dikatakan, laga itu hanya menjadi pemanasan jelang duel Rematch melawan petinju andalan Inggris, Anthony Joshua.

Apa yang dilakukan Usyk dengan bermain sepak bola sendiri juga mengingatkan para penikmat sepak bola akan aksi petarung UFC, Khabib Nurmagomedov yang juga ingin menekuni sepak bola pasca turun ring.

Bahkan pada 2021 tahun lalu, santer diberitakan mantan juara dunia UFC ini bergabung dengan tim kasta ketiga Rusia, Legion Dynamo.

Hanya saja, rumor bahwa dirinya menandatangani kontrak dengan Legion Dynamo dibantah oleh Khabib Nurmagomedov sendiri.

Kontributor: Eko
Load More