Husna Rahmayunita
Asisten pelatih Shin Tae-yong bersama kiper Timnas Indonesia. (Instagram/@pace_yoojaehoon)

Bolatimes.com - Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon menunjukkan perhatiannya kepada sepak bola Tanah Air.

Ia berpesan ke pemain Indonesia untuk tak gampang puas dan mau mengembangkan diri demi masa depan. Bahkan, ia menyeret nama Asnawi Mangkualam.

Bukan tanpa sebab, saran tersebut disampaikan Yoo Jae-hoon berdasarkan pengalamannya menekuni sepak bola Indonesia.

Baca Juga:
Persija Jakarta Tak Gentar Hadapi Arema FC Meski Tanpa Lima Pemain Andalan

Tercatat, sudah 12 tahun, asisten pelatih asal Korea Selatan tersebut kerja di Indonesia. Sebelum menjadi staf kepelatihan Timnas Indonesia, ia merupakan kiper sejumlah klub.

Yoo Jae-hoon menerangkan, pemain Indonesia terpenting harus disiplin dan pandai menjaga sikap (attitude) bila ingin berkembang.

Di samping, mesti memiliki kekuatan fisik, mental dan skill yang merupakan modal utama seorang atlet.

Baca Juga:
Carlo Ancelotti Legowo, Real Madrid Terdepak dari Copa del Rey

"Di saat nama naik, harus jaga mental, jaga diri. Aku lihat pemain punya kualitas, kemampuan, tapi gak bisa naik atau malah drop, dan kehilang nama. Kalau udah main di klub, jangan puas di situ," ujarnya seperti dikutip dari kanal YouTube, Tiento Indonesia, Jumat (4/2/2022).

Menurut mantan kiper Persipura itu, pemain Indonesia jangan gampang puas dengan pencapaian di Liga. Mestinya tertarik berkarier di luar negeri untuk meningkatkan pengalaman.

Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia U-23. (Instagram/asnawi_bhr)

Seperti dilakukan oleh Asnawi Mangkualam yang kini menjadi pemain klub Korea Selatan, Ansan Greeners dan sejumlah pemain abroad lainnya.

Baca Juga:
Lengkap, Daftar Wakil Indonesia di All England 2022

"(Potensi pemain) harus dikembangkan, latihan keras dan berani main di luar negeri. Jangan takut, seperti Asnawi," pungkasnya.

Load More