Husna Rahmayunita
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, beserta asistennya, Yoo Jae-hoon, saat menonton laga pembuka Liga 1 2021/2022, Jumat (27/8/2021). (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Staf pelatih Timnas Indonesia Yoo Jae-hoon blak-blakan mengenai keputusannya hijrah dari Korea Selatan. Ia mengaku betah tinggal di Indonesia khususnya Papua.

Saat ini, ia menjadi salah satu asisten Shin Tae-yon yang dipercaya menjadi pelatih kiper. Karena sudah lancar berbahasa Indonesia, ia pun kerap diperbantukan sebagai penerjemah pelatih beserta staf.

Karier sepak bola Yoo Jae-hoon di Tanah Air terbilang sudah lama. Sebelum, menjadi staf pelatih, diketahui ia sempat memperkuat sejumlah klub.

Baca Juga:
Sergio Aguero Segera Dinaturalisasi Malaysia, Indonesia Wajib Waspada

Yoo Jae-hoon pun mengaku awal mula dirinya hijrah ke Indonesia karena diajak oleh teman-temannya.

"Teman-teman saya sudah main duluan di Liga Indonesia seperti Park Chu-Young, Choi Dong-soo, Shin Hyun. Mereka mengajak saya main di Liga Indonesia, akhirnya saya mau coba dan ke Indonesia," ujarnya seperti dikutip dari kanal YouTube Tiento Indonesia.

Tak cuma itu, ada penyebab lain yang juga meyakinkan Yoo Jae-hoon pindah yakni karena rekrutmen pemain di Liga Korsel sudah tutup.

Baca Juga:
Mason Greenwood Resmi Jadi Tersangka Kasus Kekerasan dan Pemerkosaan

"Jujur waktu itu, pendaftaran pemain di Korea sudah tutup. Jadi sayan gak bisa daftar ke Liga Korea, jadi harus menunggu empat bulan lagi, tapi aku gak mau, buang waktu," imbuhnya.

Setelah mantap ke Indonesia pada 2010, Yoo Jae-hoon merapat ke Persipura Jayapura sebagai kiper. Di sanalah, ia menemukan kenyamanan hingga bertahan sampai 2014.

Yoo Jae-hoon mengantarkan Persipura cemerlang dan menyabet gelar juara Liga 1 pada musim pertama, dan runner-up pada musim selanjutnya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Geser Ranking FIFA Singapura, Media Vietnam Gempar

Hingga saat ini, Yoo Jae-hoon masih terkesan dengan Papua. Bahkan mengaku betah tinggal di sana, apalagi dia juga memfavoritkan papeda.

"Akhirnya, aku pengen lanjut lagi di Liga 1. Aku semakin betah di Papua. Aku suka papeda," pungkasnya.

Selain Persipura, sejumlah klub yang sempat dibela Yoo Jae-hoon di antaranya: Bali United, Mitra Kukar dan Barito Putera.

Baca Juga:
Profil Cahya Supriadi, Kiper Debutan Timnas U-23 yang Gantikan Ernando Ari

Load More