Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (dok PSSI)

Bolatimes.com - Torehan Timnas Indonesia yang berhasil menyalip Singapura di ranking FIFA usai mengalahkan Timor Leste di laga persahabatan menyita atensi media Vietnam.

Media Vietnam kaget, Timnas Indonesia mampu tampil bersinar, menggeser ranking FIFA Singapura jelang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Diketahui, dua pertandingan timnas Indonesia melawan Timor Leste berakhir dengan kemenangan. Pada laga pertama, anak asuh Shin Tae-yong menang 4-1 dan di pertemuan kedua, skuad Garuda mengalahkan lawannya dengan skor 3-0.

Baca Juga:
3 Pemain Top yang Dilewatkan Shin Tae-yong untuk Piala AFF U-23 2022

Pertandingan melawan Timor Leste di jeda internasional ini disebut cerdik. Pasalnya berkat dua kemenangan itu, timnas Indonesia bisa naik ke posisi 160 ranking FIFA.

Sebelumnya skuad Garuda hanya berada di peringkat 164 ranking FIFA. Hal itu membuat timnas Indonesia berpostensi masuk grup neraka di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Menghadapi situasi seperti itu, PSSI kemudian menggelar FIFA Matchday dengan lawan Timor Leste. Hasilnya memang seperti dugaan karena tim Merah Putih bisa meraih kemenangan.

Baca Juga:
3 Pemain Debutan di Timnas Indonesia U-23, Ada dari Persija dan Persib

"PSSI mengundang Timor Leste untuk memainkan dua pertandingan persahabatan di akhir Januari. Dua pertandingan ini memberikan dampak signifikan dalam hal keahlian bagi Indonesia," tulis laporan media Vietnam Soha.vn.

"Dengan hasil kemenangan Indonesia memiliki 1001,61 poin. Skor ini mengungguli Singapura (1000,78) di peringkat FIFA," tambahnya.

Artinya dengan hal ini, timnas Indonesia naik ke pot 3 jelang Kualifikasi Piala Asia 2023 dan terhindar dari lawan-lawan yang sulit.

Baca Juga:
5 Klub yang Menyumbang Pemain Banyak ke Timnas Indonesia U-23

Bahkan peluang anak asuh Shin Tae-yong untuk mengunci satu tiket ke putaran final Piala Asia disebut naik drastis.

"Langkah PSSI mengejutkan dan menuai pujian. Ada informasi bahwa Indonesia dapat mengundang tim yang lebih kuat di laga persahabatan, tapi memilih Timor Leste untuk memastikan dua kemenangan," tutupnya.

Baca Juga:
Timnas Vietnam Cetak Sejarah di Sepak Bola ASEAN usai Permalukan China

Load More