Irwan Febri Rialdi
Emil Audero Mulyadi (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Program naturalisasi pemain sedang ramai-ramainya dibicarakan di sepak bola Indonesia. Sejumlah nama kini disebut-sebut akan segera menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Naturalisasi pemain juga secara khusus diminta oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ini disebut sebagai salah satu langkah untuk memperkuat skuad 'Merah Putih'.

Sejauh ini ada empat pemain yang proses naturalisasinya mendapat atensi dan punya progres. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Baca Juga:
Kisah Kelam di Balik Reuni Traore dan Braithwaite, Middlesbrough Degradasi

Keempat pemain tersebut dikatakan PSSI sudah mengumpulkan kelengkapan administrasi yang diminta sebagai syarat awal proses naturalisasi.

Sebetulnya ada nama-nama lain yang sempat dikabarkan bisa menjadi pemain naturalisasi Indonesia. Namun, ada sejumlah pemain keturunan top Eropa yang menolak membela Timnas Indonesia.

Berikut ulasannya yang dirangkum Bolatimes dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Rangkuman Detik-detik Akhir Bursa Transfer: Everton Gila-gilaan, Auba Out!

1. Emil Audero

Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi (@emil_audero/Instagram)

Pria kelahiran mataram, NTB, pada 18 Januari 1997 tersebut memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Emil dikabarkan pernah tinggal di Indonesia selama satu tahun sebelum pindah ke Cumiana pada 1998.

Sejak 2016 sudah tersirat kabar ada peluang bagi Emil membela Timnas Indonesia, namun kiper yang kini membela Sampdoria itu menolak membela 'Merah Putih'.

Baca Juga:
Tua-tua Keladi, Herman Dzumafo Catatkan Rekor Pencetak Gol Tertua di Liga 1

2. Jayden Oosterwolde

Pemain keturunan Indonesia, Jayden Oosterwolde, resmi bergabung Parma. (Twitter/@ParmaCalcio_en)

Pada tahun 2020 lalu, Yunus Nusi mengumumkan bahwa Jayden Oosterwolde menolak panggilan untuk membela Timnas Indonesia.

Bek yang baru saja pindah ke Parma dari FC Twente tersebut, lebih memilih membela Belanda. Shin Tae-yong sendiri sebelumnya mengungkapan bahwa Jayden adalah salah satu pemain idamannya.

Baca Juga:
Tan Mo Heng, Kiper Keturunan Tionghoa yang Bela Indonesia di Piala Dunia

3. Pascal Struijk

Bek Leeds United, Pascal Struijk yang punya darah Indonesia jadi rebutan Timnas Belgia dan Belanda. (PETER POWELL / POOL / AFP)

Nama pemain keturunan Indonesia lain yang menolak membela Timnas Indonesia adalah Pascal Struijk. Pemain Leeds United tersebut mengaku lebih memilih membela Belanda atau Belgia.

Selain memiliki darah Belgia dan Belanda, Pascal Struijk ternyata juga memiliki darah keturunan Indonesia. Keturunan itu datang dari garis kakek dan nenek dari ayahnya.

Namun, Struijk justru tercatat pernah bermain bersama timnas Belanda U-17. Ia juga sempat menyatakan tak tertarik untuk memperkuat timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More