Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pertandingan Timnas Indonesia vs Timor Leste pada laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). (dok PSSI)

Bolatimes.com - Ulasan media Spanyol mengenai Timnas Indonesia mendadak diperbincangkan. Sebab, menyebut kiper Timnas Indonesia melakukan gol bunuh diri saat lawan Timor Leste.

Padahal, kiper Timnas Indonesia tak melakukan gol bunuh diri, tetapi tim rival. Klaim media Spanyol pun dinilai blunder fatal. 

Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste dalam dua kali pertandingan di jeda internasional. Pada pertandingan pertama, terjadi gol spektakuler yang diinisiasi oleh Pratama Arhan.

Baca Juga:
Ini Obrolan Menpora dan Shin Tae-yong Sebelum Terbang Bareng ke Jakarta

Bek kiri PSIS Semarang itu melakukan lemparan jauh yang menjadi senjata andalannya. Berkat lemparan jauh tersebut, kiper Timor Leste membuat gol bunuh diri.

Pasalnya kiper Timor Leste tersebut gagal mengantisipasi bola dengan sempurna. Tepisannya membuat bola malah berbelok ke gawangnya hingga membuahkan gol bagi timnas Indonesia.

Gol tersebut viral di media sosial, hingga disorot media asing, salah satunya dari Spanyol yang bernama Diario AS. Mereka mengunggah momen gol tersebut di situsnya pada Jumat (28/1/2022).

Baca Juga:
Demi Pemulihan, 3 Pemain PSS Sleman Jalani Karantina Terpisah

Akan tetapi, media Spanyol itu malah blunderl. Alih-alih menyebut kiper Timor Leste yang melakukan gol bunuh diri, malah penjaga gawang timnas Indonesia yang disebut tak melakukan tepisan akurat.

Blunder media spanyol yang menyebut kiper timnas melakukan gol bunuh diri. (Tangkap layar Diario AS)

"Itu tidak bisa menjadi lebih buruk: kurangnya akurasi kiper yang tidak dipahami siapapun di media sosial," tulisnya dalam judul.

"Seorang penjaga gawang Indonesia viral di internet karena gol yang dia berikan setelah awal yang sangat buruk pada lemparan ke dalam. Jika dia tidak menyentuhnya, itu bukan gol," sambung laporan tersebut.

Baca Juga:
Jajan Bareng, Potret Keakraban Asnawi Mangkualam dan Anak Shin Tae-yong

Tentu media Spanyol tersebut salah besar. Sebab, terlihat di video yang diunggahnya adalah gol berkat lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Dalam laga itu sendiri, kiper timnas Indonesia yang bermain, yaitu Syahrul Trisna memang kebobolan satu gol. Namun, gol itu tercipta berkat sodoran Paulo Freitas.

Bahkan Syahrul Trisna juga menunjukkan penampilan apik dengan menepis penalti Timor Leste, sehingga menyelamatkan skuad Garuda dari kebobolan dua gol.

Baca Juga:
7 Pemain Timnas Indonesia Positif Covid-19, Hanis Saghara Negatif

Sementara itu, timnas Indonesia menang dalam dua laga melawan Timor Leste. Di laga pertama, anak asuh Shin Tae-yong menang 4-1. Lalu pertandingan kedua berakhir dengan skor 3-0.

Load More