Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Bolatimes.com - Proyek naturalisasi pemain Timnas Indonesia disorot Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali. Menpora bahkan berencana memanggil PSSI dan Shin Tae-yong.

Diketahui hingga kekinian, naturalisasi empat pemain keturunan Indonesia yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangone masih diproses. Menpora ingin meminta penjelasan mengenai pentingnya naturalisasi.

"Administrasi sudah masuk diberikan oleh Sekjen PSSI (Yunus Nusi). Minggu depan saya akan undang PSSI seperti Dirtek (Indra Sjafri), kalau perlu coach Shin (Tae-yong) kita undang untuk mengetahui soal naturalisasi," kata Menpora saat koferensi pers di Bali, Minggu (30/1/2022).

Baca Juga:
Jadwal Semifinal Piala Afrika: Mesir vs Kamerun, Senegal vs Burkina Faso

"Benar-benar naturalisasi itu untuk manfaat Timnas atau tidak. Karena kemarin-kemarin, kan klub mengajukan naturalisasi, sudah lama tetapi tidak bisa main di Timnas," jelasnya.

Hingga kini, dari empat pemain asing calon naturalisasi, baru dua orang uang telah menyerahkan dokumen secara lengkap yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.S

Sementara dua lainnya yaitu Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen masih dalam proses pengumpulan kelengkapan dokumen naturalisasi.

Baca Juga:
Mason Greenwood Diciduk Polisi atas Tuduhan Pemerkosaan, Videonya Viral

"Silakan Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) siapa yang diutus nanti. Jadi, saya mau tahu visi dan misi ke depan bersama PSSI, naturalisasi benar-benar tujuannya membantu persepakbolaan kita," ujar Menpora Zainudin Amali.

Seperti diketahui, PSSI memproses naturalisasi pemain-pemain tersebut karena permintaan langsung pelatih Shin Tae-yong.

Sandy Walsh dan kawan-kawan diharapkan bisa membantu meningkatkan prestasi tim nasional Indonesia di berbagai kejuaraan internasional.

Baca Juga:
4 Negara Lolos ke Semifinal Piala Afrika 2021, Termasuk Burkina Faso

Proses naturalisasi keempat pemain diharapkan bisa rampung sebelum timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

Load More