Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh usai membobol gawang Alanyaspor U-18 (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Ronaldo Kwateh memecahkan rekor sebagai debutan termuda bersama Timnas Indonesia di level senior, saat melakoni laga uji coba internasional resmi FIFA Matchday kontra Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB.

Ronaldo kini jadi debutan termuda di Timnas Indonesia sepanjang sejarah. Saat diturunkan di babak kedua oleh pelatih Shin Tae-yong sebagai pemain pengganti di laga semalam, Ronaldo berusia 17 tahun, 3 bulan dan 8 hari.

Ronaldo mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Asnawi Mangkualam sejak 21 Maret 2017. Ketika itu, bek kanan Ansan Greeners itu berusia 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari.

Baca Juga:
Belum Puas, Mees Hilgers Ingin Tunjukkan Kemampuan Lebih bersama FC Twente

Ronaldo sendiri mengaku senang bisa dipercaya Shin Tae-yong untuk turun bermain. Meski begitu, ia menjelaskan ada perasaan grogi di awal karena bermain di level berbeda.

"Puji Tuhan. Pertama saya sangat bersyukur kepada Tuhan dan terima kasih juga kepada coach Shin (Tae-yong) yang mempercayakan saya bisa bermain di timnas senior. Semoga saya bisa lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya," kata Ronaldo dalam rilis yang diterima Suara.com, Jumat (28/1/2022).

Penyerang Madura United, Ronaldo Kwateh. (HO/Maduraunitedfc.com)

"Pasti ada rasa nervous (grogi) sedikit, tetapi perlahan nervous-nya semakin hilang. Semoga pertandingan selanjutnya tidak nervous lagi," sambung penyerang sayap yang juga telah bermain dua kali untuk Timnas Indonesia U-23 itu.

Baca Juga:
PSG Bertabur Bintang, Kiper Real Madrid: Sepak Bola Itu Tim, Bukan Individu

Lebih lanjut, sang youngster mengaku tidak mengalami kesulitan dalam hal adaptasi dengan pemain lain yang lebih senior. Menurutnya, para senior yang ada di timnas membimbingnya dengan baik.

"Untuk adaptasi lumayan baik karena para senior saling support, sering beritahu saya untuk bisa lebih baik lagi. Harapan saya tidak boleh meremehkan Timor Leste, memperbaiki kesalahan kita kemarin. Semoga saya dan timnas bisa lebih baik lagi," ucap Ronaldo.

Adapun rekor Asnawi juga dipecahkan oleh pemain yang menjalani debut bersamaan dengan Ronaldo, yaitu Marselino Ferdinan. Pemain Persebaya itu debut bareng Timnas Senior Indonesia dalam usia 17 tahun, 4 bulan dan 18 hari.

Baca Juga:
Persik Kediri Bungkam Bhayangkara FC, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1

Timnas Indonesia sendiri akan kembali melakoni pertandingan melawan Timor Leste di venue yang sama pada Minggu (30/1/2022) nanti, masih dalam rangkaian FIFA Matchday.

Load More