Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan pujian untuk Timnas Timor Leste meski kerap dicap sebagai tim gurem di Asia Tenggara. Shin mengaku telah menyaksikan pertandingan Timor Leste lewat video.

Sebelumnya Shin Tae-yong menyebut secara kualitas Timor Leste memang kurang. Namun, ia mengaku ada potensi lawan merepotkan Timnas Indonesia.

Adapun kedua tim bakal saling berhadapan dalam laga FIFA Matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 27 dan 30 Januari 2022.

Baca Juga:
Tak Gentar, Pelatih Timor Leste Optimis Bisa Kalahkan Timnas Indonesia

"Jujur saya belum pernah menonton langsung pertandingan Timor Leste. Tapi, saya sudah menyaksikan melalui video. Saya lihat pertandingan mereka di Piala AFF (2020) kemarin," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia vs Timor Leste, Rabu (26/1/2022).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menghadiri konferensi pers jelang pertandingan FIFA Matchday kontra Timnas Timor Leste. [dok. PSSI]

"Nyatanya memang lebih baik daripada pemikiran awal saya. Pemain-pemain Timor Leste mulai dari passing dan mobilitas mereka sangat baik," tutur pelatih berpaspor Korea Selatan itu. 

"Tapi kami tidak akan lengah untuk ini. Kami akan persiapkan dengan sebaik mungkin untuk menunjukkan permainan Timnas Indonesia yang diinginkan," tegasnya.

Baca Juga:
Bikin Kesal Barcelona, Ousmane Dembele Kini Disebut Ingin Bertemu Laporta

Adapun ini akan jadi pertemuan kedua Shin Tae-yong dengan pelatih Timor Leste, Fabio Joaquim Maciel da Silva, setelah sebelumnya terjadi pada 2015 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2016. 

Saat itu Shin Tae-yong masih membesut Timnas Korea Selatan U-23, dengan mereka berada di grup yang sama dengan Timor Leste yang dilatih Fabio.

Saat itu Shin Tae-yong membawa Korea Selatan mengalahkan Timor Leste dengan skor telak 3-0.

Baca Juga:
Duel Tim Papan Bawah Liga 1, Persiraja vs Persela Berakhir Imbang

"Jujur saya tidak ingat bahwa itu pelatih yang sama," ungkap Shin Tae-yong.

"Tapi, saya melihat ada progres yang baik setelah saya nonton pertandingan mereka (Timor Leste) di Piala AFF kemarin. Mulai dari kecepatan, penguasaan bola, secara keseluruhan terlihat lebih baik dari dulu," tandas juru taktik berusia 51 tahun itu.

Baca Juga:
Profil Julian Alvarez, Calon Suksesor Sergio Aguero di Manchester City

Load More