Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, membeberkan alasan mengapa tak merespons undangan mengikuti Toulon Turnamen 2022 di Prancis. Menurutnya, PSSI masih pikir-pikir karena padatnya agenda Pelatih Shin Tae-yong (STY) tahun ini bersama Timnas Indonesia.

Kejuaraan yang kini bernama Tournoi Maurice Revello rencana bergulir pertengahan 2022. Turnamen yang dikhususkan untuk pemain-pemain muda itu memang biasanya rutin digelar setiap tahun.

Namun, dua edisi sebelumnya turnamen itu tidak digelar karena pandemi Covid-19. Timnas Indonesia pernah ambil bagian pada edisi 2017 di mana saat itu pemain-pemain seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman turun bertanding.

Baca Juga:
5 Bintang Sepak Bola Dunia yang Tak Mau Ditato, 3 Pemain Muslim

Meski gagal menyumbang prestasi, penampilan Timnas Indonesia U-19 yang saat itu dipegang Indra Sjafri tuai sorotan. Ketika itu Garuda Nusantara mampu merepotkan Brasil, Republik Ceko, dan Skotlandia.

Bahkan, Egy Maulana Vikri meraih penghargaan individu prestisius Jouer Revelation (Breakthrough Player) dalam kejuaraan tersebut.

"Ya mereka baru mencari dan menanyakan keikutsertaan. Lagi kita cocokan dengan jadwal timnas yang lain," kata Indra Sjafri saat dihubungi awak media, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga:
Hadapi Persiraja, Pelatih Persela Sebut Laga Final Tim Papan Bawah

"Tahun ini coach STY punya agenda padat sekali. Dari senior, AFF U-23, AFF U-19, SEA Games, Asian Games, dan AFF Senior lagi. Nanti kita akan didiskusikan lebih lanjut," terangnya.

Sementara itu, turnamen Toulon merupakan salah satu kejuaraan kelompok umur yang bergengsi. Dari turnamen tersebut banyak nama-nama pesepakbola besar yang lahir.

Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo yang membela timnas Portugal. Di masa muda, ia bermain di turnamen Toulon pada 2003.

Baca Juga:
Endrick Felipe, Bocah 15 Tahun yang Diincar Real Madrid hingga Man United

Nama-nama hebat lain yang pernah terjun di kejuaraan itu diantaranya Alan Shearer, Rui Costa, Thierry Henry, Juan Riquelme, Zinedine Zidane, Javier Mascherano, dan masih banyak lainnya.

Load More