Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia selebrasi saat mencetak gol ke gawang Myanmar di laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sejumlah fakta menarik tersaji menjelang duel antara Timnas Indonesia melawan Timor Leste pada agenda FIFA Matchday.

Rencananya, Timnas Indonesia dan Timor Leste akan bertanding sebanyak dua kali pada ajang uji coba internasional yang berada dalam kalender FIFA tersebut.

Menurut jadwal awal, pertemuan itu akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada 24 dan 27 Januari 2022. 

Baca Juga:
3 Pemain Jadi Korban Kejahilan Shin Tae-yong, Terbaru Edo Febriansyah

Namun, karena kebijakan karantina mandiri yang harus dijalani oleh Timor Leste, maka jadwal pertandingan tersebut harus diundur menjadi 27 dan 30 Januari 2022.

Berikut Bolatimes.com menyajikan fakta-fakta menarik menjelang duel antara timnas Indonesia vs Timor Leste.

1. Momen Perdana bagi Shin Tae-yong 

Baca Juga:
Update Daftar Pelatih Timnas di Negara ASEAN, Didominasi Juru Taktik Korsel

Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Pertandingan antara timnas Indonesia kontra Timor Leste pada ajang FIFA Matchday ini bakal menjadi momen pertama bagi Shin Tae-yong.

Semenjak ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang belum pernah berjumpa Timor Leste di ajang mana pun.

Tentu, ini akan menjadi momen pertama bagi pelatih asal Korea Selatan itu menghadapi Timor Leste sepanjang kariernya di dunia kepelatihan.

Baca Juga:
Respek, Pemain Ajax Beri Sambutan pada Pemain Lawan Usai Sembuh dari Kanker

2. Rekor Impresif Indonesia atas Timor Leste

Sepanjang sejarah pertemuan kedua tim, timnas Indonesia memang belum bisa disaingi oleh Timor Leste. Kedua tim terpaut level yang cukup jauh.

Sebab, dari empat kali pertemuan keduanya, skuad Garuda selalu berhasil mengakhirinya dengan kemenangan.

Baca Juga:
Momen Witan Debut Bareng Egy, Antar FK Senica Petik Kemenangan

Pertemuan pertama antara kedua tim tercatat pada 21 November 2010. Lalu, keduanya sempat berjumpa pada 14 November 2012, 14 November 2014, dan terakhir kali pada 13 November 2018.

3. Inferioritas Timor Leste 

Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (tengah) menggiring bola dibayangi pemain timnas Timor Leste Joao Pedro Da Silva Freitas (kiri) dan Armindo Correia De Almeida dalam pertandingan penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Timor Leste selalu menjadi bulan-bulanan timnas Indonesia saat berjumpa di atas lapangan sebanyak empat kali.

Dari seluruh pertemuan itu, Indonesia sukses mencetak total 14 gol ke gawang Timor Leste dan hanya kebobolan satu kali.

Kemenangan terbesar itu terjadi pada 21 November 2010. Saat itu, skuad Garuda sukses menghajar Timor Leste enam gol tanpa balas.

4. Satu-satunya Pemain Timor Leste yang Bisa Cetak Gol

Satu-satunya pemain timnas Timor Leste yang bisa mencetak gol ke gawang timnas Indonesia ialah Rufino Walter Gama.

Gol tersebut menjadi gol pertama dan satu-satunya yang mampu dilesakkan tim berjulukan The Little Samba Nation itu sepanjang sejarah pertemuannya dengan Indonesia.

Momen itu terjadi tepatnya pada ajang babak penyisihan grup Piala AFF 2018. Namun, gol tersebut tak mampu menyelamatkan nasib Timor Leste dari kekalahan karena laga berakhir dengan skor 3-1 untuk Garuda.

5. Perbandingan Peringkat FIFA

Timnas Timor Leste. (dok. AFF Suzuki Cup 2020)

Perbedaan level antara timnas Indonesia dengan Timor Leste itu tak hanya terpampang pada hasil pertemuan kedua tim, tetapi juga peringkat FIFA.

Sebab, saat ini kedua tim terpaut jarak yang cukup jauh di peringkat FIFA. Indonesia berada di urutan ke-164, sedangkan Timor Leste di posisi 196.

Dengan demikian, jarak peringkat keduanya saat ini terpaut 32 tangga klasemen. Hal ini semakin mengukuhkan perbedaan level di antara kedua tim.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More