Senin, 23 Mei 2022
Irwan Febri Rialdi : Minggu, 23 Januari 2022 | 15:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Kursi pelatih Timnas Singapura sampai sekarang masih kosong. Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) belum juga mengumumkan pelatih baru pengganti Tatsuma Yoshida.

Tatsuma Yoshida mundur sebagai pelatih kepala Timnas Singapura pada akhir tahun lalu. Langkah tersebut diambil setelah Timnas Singapura sebagai tuan rumah turnamen kandas di semifinal Piala AFF 2020 oleh Indonesia.

Yoshida mengakhiri dua setengah tahun masa jabatannya sebagai juru taktik The Lions --julukan Timnas Singapura.

Menurut laporan The Straits Times, ada sekitar 50 CV yang sudah diterima FAS untuk posisi pelatih Timnas Singapura. Tiga di antaranya disebut-sebut merupakan sosok yang tak asing dengan sepak bola Asia.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Luis Milla

Pelatih asal Spanyol Luis Milla (kanan) memberikan keterangan usai bertemu dengan PSSI di Manila, Filipina, Jumat (29/11/2019). Milla diundang PSSI ke Manila untuk memaparkan program-programnya sebagai salah satu calon pelatih tim nasional Indonesia. (Michael Siahaan).

Luis Milla memang tidak asing dengan sepak bola Asia Tenggara, sosok asal Spanyol tersebut pernah menangani Timnas Indonesia pada 2017-2018.

Meski tak memberi satu pun trofi, Milla dianggap sebagai pelatih yang mampu membawa perubahan filosofi permainan di Indonesia. Kini dia tak memiliki klub, tapi dikabarkan Milla juga diincar klub-klub Indonesia.

Dengan mendatangkan eks pelatih Spanyol U-23 itu, Singapura jelas bisa menjadi salah satu negara yang diperhitungkan kembali.

2. Kim Hak-bum

Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, di Olimpiade. (Jung Yeon-je/AFP)

Calon pelatih Timnas Singapura berikutnya adalah kompatriot Shin Tae-yong di Korea Selatan. Kim Hak-bum dan Shin Tae-yong sama-sama pernah menangani tim nasional Korea Selatan.

Bedanya, Shin Tae-yong melatih tim senior sedangkan Kim Hak-bum menangani Timnas U-23 Korsel yang meraih medali emas di Asian Games 2018.

Sebelumnya nama Kim Hak-bum juga dikaitkan dengan Malaysia, namun FAM akhirnya menjatuhkan pilihan pelatih Timnas Malaysia yang baru kepada Kim Pan-gon.

3. Stephen Constantine

Nama beken selanjutnya yang dikabarkan menjadi calon pelatih baru Singapura adalah pelatih asal Inggris, Stephen Constantine.

Pria berusia 59 tahun itu berpengalaman menangani tim-tim dari Asia, khususnya di Asia Selatan. Dia pernah menangani India, Sudan, hingga Rwanda. Saat ini Constantine berstatus tanpa klub.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

BACA SELANJUTNYA

Media Vietnam Prediksi Timnas Indonesia U-23 Kalah 2-0 dari Malaysia di SEA Games 2021