Irwan Febri Rialdi
Pelatih Korea Selatan Shin Tae-yong saat memimpin sesi latihan skuatnya di Nizhny Novgorod Stadium. (Johannes EISELE / AFP)

Bolatimes.com - Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, blak-blakan soal pengeluaran untuk menggaji Shin Tae-yong dan para asisten pelatih Timnas Indonesia, yakni mencapai Rp2 miliar per bulan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Iwan Bule, sapaan akrab Ketum PSSI saat hadir di podcast Deddy Corbuzier yang tayang pada kanal YouTube miliknya pada Rabu (19/1/2022).

Saat itu, Deddy Corbuzier penasaran dengan gaji yang didapat Shin Tae-yong. Sebab sebelumnya pelatih asal Korea Selatan itu lebih memilih Indonesia daripada tawaran dari klub China.

Baca Juga:
Ketum PSSI Buka-bukaan Alasan Pilih Shin Tae-yong daripada Luis Milla

"Besar ya 2 miliar kurang lebih per bulan. Itu di luar apartemen, kendaraan, dan lain sebagainya," ucap Mochamad Iriawan.

"Tapi itu bukan dia (Shin Tae-yong) saja. Itu tim ada pelatih lainnya juga. Dia mungkin 1,1 (miliar) lah ya," imbuhnya.

Kandidat pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. [ROMAN KRUCHININ / AFP]

Dengan nominal gaji Rp 1,1 miliar per bulan. Gaji Shin Tae-yong bisa dibilang lebih besar ketimbang ketika menangani Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, yakni 425 ribu euro (Rp7 miliar) per tahun atau sekitar Rp583 juta per bulan, menurut Roll the Ball.

Baca Juga:
Piala Asia Wanita: Pelatih Australia Prediksi Indonesia akan Main Bertahan

Namun, tingginya gaji Shin Tae-yong di Timnas Indonesia terbilang wajar. Sebab, dirinya menangani skuat nasional dari U-19, U-23, hingga senior. Sementara di Korea Selatan, ia hanya melatih tim senior di Piala Dunia 2018.

Load More