Rauhanda Riyantama
Haruna Soemitro dalam keterangan resminya. (Tangkapan layar dari Madura United TV)

Bolatimes.com - Exco PSSI, Haruna Soemitro, menuai hujatan dari netizen setelah melontarkan pernyataan kontroversial soal pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Menariknya, ia merasa tak berjalan terkait kritikannya tersebut.

Haruna Soemitro mengatakan kritikannya tersebut merupakan bagian dari tugasnya sebagai anggota Exco PSSI. Ia jutru merasa bingung, kritik tersebut dipersoalkan.

"Saya juga bingung salahnya di mana? Saya mengkritik STY (Shin Tae-yong) kan memang fungsi sebagai Exco PSSI," tegasnya kepada SuaraSurakarta.id.

Baca Juga:
Reaksi Lucu Exco PSSI Hasani Abdulgani saat Disinggung soal Haruna

Ia menilai, dipilihnya Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia karena segudang prestasi yang dimiliki, termasuk saat bersama pasukan Negeri Gingseng.

"Dengan segudang prestasi itu, diharapkan STY bisa membawa sepak bola Indonesia dan Timnas Indonesia berprestasi," tegasnya.

"Makanya, kritikan itu ada harapan mudah-mudahan tahun ini milik STY (juara AFF U-22 dan Piala AFF 2022)," imbuh mantan manajer Madura United tersebut.

Baca Juga:
Program Naturalisasi Dikritik Haruna, PSSI: Beda dengan Zaman Gonzales Cs

Sebelumnya, pernyataan Haruna Soemitro dalam sebuah wawancara mengundang polemik. Ia dinilai meremehkan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia gagal jadi juara Piala AFF 2020.

"Kalau cuman runner up, ya sebenarnya Shin Tae-yong ini sama saja dengan yang lain. Namun, karena hampir juara ya kami berharap bisa juara selanjutnya. Karena ada ekspetasi besar dari masyarakat," ujar Haruna dikutip dari podcast JPNN.COM yang tayang di kanal YouTube.

Tak hanya mengkritik Shin Tae-yong, ia juga menyinggung soal naturalisasi hingga match fixing. Buntut pernyataan Harun Soemitro, tagar #HarunOut dan #SaveSTY menggema di media sosial.

Baca Juga:
Beda, Jagoan Shin Tae-yong dan Evan Dimas untuk Pemain Terbaik FIFA 2021

Load More