Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah (dok. the-afc.com)

Bolatimes.com - Tugas berat menanti penggawa Timnas Putri Indonesia di Piala Asia Wanita 2022. Mereka ditargetkan PSSI untuk lolos dari fase grup meski terbilang cukup berat.

Sebagaimana diketahui, Timnas Putri Indonesia masup Grup B bersama tiga lawan tangguh. Garuda Pertiwi akan menghadapi Australia, Thailand dan Filipina mulai 20 Januari-6 Februari nanti di India.

"Tidak ada yang tak mungkin dalam sepakbola. Meskipun kita mengetahui ada timnas Thailand dan Australia yang cukup kuat, tetapi mudah-mudahan kita bisa lolos ke babak berikutnya," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan seperti dimuat Antara.

Baca Juga:
Video Pemberontak Serang Militer Kamerun Jelang Laga Tunisia vs Mali

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Timnas Putri Indonesia selalu mempunyai peluang untuk membuat kejutan meski dia mengakui rumitnya kompetisi di Grup B.

Persaingan di Grup B dikatakan berat karena ketiga negara pesaing Indonesia memiliki catatan yang bagus di turnamen yang sudah berlangsung sejak tahun 1975 itu.

Australia merupakan juara Piala Asia Wanita pada tahun 2010, Thailand kampiun tahun 1983 dan Filipina adalah tim peringkat keenam tahun 2018. Sementara Indonesia, yang terakhir kali tampil di Piala Asia Putri tahun 1989, menjadi semifinalis pada tahun 1977 serta 1986.

Baca Juga:
Piala Afrika 2021: Kamerun Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas Putri Australia bahkan bisa disebut sebagai yang terunggul di kawasan Asia mengingat para pemainnya memperkuat klub-klub ternama Eropa seperti Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, Chelsea dan Olympique Lyon.

Akan tetapi, timnas putri bukannya tanpa modal menuju Piala Asia 2022. Skuad berjuluk Garuda Pertiwi sudah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta selama sebulan dan dalam prosesnya melakoni lebih dari enam kali laga uji coba.

Terkini, timnas putri menundukkan tim akademi putri Persib Bandung dengan skor 10-0 pada pertandingan uji coba di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (13/1).

Baca Juga:
Hasil Coppa Italia: Fiorentina dan AC Milan Lolos ke Perempatfinal

"Penampilan timnas putri semakin baik. Teknik, disiplin dan fisik makin bagus. Yang jelas, persiapan sudah matang untuk berlaga di Piala Asia, India. Kita berdoa semoga mendapatkan hasil maksimal," tutur Iriawan.

Timnas putri Indonesia yang berkekuatan 23 pemain akan berangkat ke India pada 16 Januari 2022.

Pertandingan pertama Timnas Putri Indonesia berlangsung pada 21 Januari 2022 yakni menghadapi Australia. Kemudian pada 24 Januari 2022, skuad Garuda Pertiwi akan melawan Thailand lalu tiga hari kemudian menjajal kekuatan Filipina.

Baca Juga:
Hasil Piala Super Spanyol: Bungkam Atletico, Bilbao Tantang Madrid di Final

Load More