Rauhanda Riyantama
Potret pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong makan sate bersama Deddy Corbuzier. (Youtube/Deddy Corbuzier)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong selama ini tinggal di Indonesia karena tugasnya menukangi skuat Garuda. Pertanyaan pun mengemuka, mengapa ia memilih tinggal sendiri dan tak memilih mengajak istri serta keluarganya tinggal di Tanah Air untuk menemaninya?

Dalam Podcast Deddy Corbuzier yang bertajuk Close The Door di YouTube, Shin Tae-yong buka-bukaan mengenai alasannya tak mengajak istri, Cha Young-joo maupun anaknya tinggal di Indonesia.

Pelatih berusia 51 tahun ini membeberkan alasan utama dirinya tak mengajak istrinya adalah sulitnya mendapatkan izin pindah dari Korea Selatan ke Indonesia, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Baca Juga:
Soroti Kekalahan Persija Jakarta, Marco Motta: Kita akan Perbaiki Semuanya

pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. [deddy corbuzier / YouTube]

"Masalah Izin susah karena Covid-19. Sebenarnya bisa saja ikut, tapi prosesnya sulit," ujar Shin Tae-yong kepada Deddy Corbuzier.

Lantas bagaimana dengan anak-anaknya? Sebagaimana diketahui, kedua putra Shin Tae-yong yakni Shin Jae-won dan Shin Jae-hyuk memilih menetap di Korea Selatan karena berkarier sebagai pesepak bola.

Shin Tae-yong bahkan melanjutkan bahwa dirinya sebenarnya ingin mengajak sang istri tinggal di Indonesia, terutama di Bali yang disebutnya sebagai tempat yang membuatnya merasa senang.

Baca Juga:
Manchester City Diklaim Raup Pendapatan Terbanyak 2020/21, Kalahkan MU

“Saya sering ke Bali untuk jalan-jalan. Jujur, sebenarnya saya ingin tinggal di Bali. Saya sangat senang berada di sana,” lanjut eks juru taktik Timnas Korea Selatan itu.

Untuk persoalan cuaca Indonesia yang disebut tak ramah dengan warga asing, Shin Tae-yong mengaku tak masalah. Ia malah senang dengan cuaca panas ketimbang cuaca dingin.

Karena hal tersebut, Shin Tae-yong tak kesulitan beradaptasi dengan iklim di Indonesia dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik selama dua tahun masa baktinya sejauh ini.

Baca Juga:
Masa Depan Pratama Arhan, PSIS Tegaskan Belum Ada Tawaran dari Klub Lain

Shin Tae-yong Bangkitkan Harapan Pendukung Timnas Indonesia

Dalam dua tahun kiprahnya menukangi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mampu membangkitkan harapan para penikmat sepak bola Tanah Air.

Di tangan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia dinilai memiliki masa depan cerah. Terlebih, ia memilih memainkan para pemain-pemain muda.

Baca Juga:
Ogah Kalah dari Rans, Suporter Serukan Andres Iniesta Gabung Persis Solo

Kendati memainkan para pemain muda, Shin Tae-yong bisa membuktikan bahwa Timnas Indonesia bisa berbicara banyak. Hal itu terlihat di gelaran Piala AFF 2020 lalu di mana skuat Garuda menembus final.

Dengan pencapaian itu, secara tak langsung Shin Tae-yong menghadirkan rasa optimis di kalangan pendukung sepak bola Tanah Air akan masa depan para pemain dan Timnas Indonesia.

Dalam waktu dekat, Shin Tae-yong akan kembali beraksi dari pinggir lapangan dengan memimpin Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, 14 hingga 26 Februari 2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More