Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Giuseppe Cacace/AFP).

Bolatimes.com - Pelatih Vietnam, Park Hang-seo dilaporkan segera menunjuk kapten baru seusai mencopot Que Ngoc Hai. Langkah ini disebut mirip dengan strategi Timnas Indonesia dan Thailand.

Park Hang-seo akan memilih kapten baru untuk kejuaraan di tahun 2022. Keputusan ini disorot oleh media Vietnam, Zingnews.

Dalam sebuah laporannya, Zingnews menyebut Indonesia dan Thailand sudah lebih dulu berhasil mengganti kapten timnas, dibanding Vietnam.

Baca Juga:
Shalika Aurelia Gabung Klub Serie B Italia, Ini Kata Eks Pelatih Timnas

Timnas Indonesia disebut menunjukkan semangat kolektif melalui kisah ban kapten di Piala AFF 2020. Sosok kapten memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas ruang ganti.

Mulanya, Shin Tae-yong mendapuk Evan Dimas sebagai kapten Skuad Garuda serta menunjuk Asnawi Mangkualam dan Fakhrudin Aryanto menjadi wakil kapten.

Namun di sela turnamen, Evan Dimas dibangkucadangkan lalu Asnawi Mangkualam diplot sebagai kapten Timnas Indonesia hingga partai final Piala AFF 2020.

Baca Juga:
5 Potret Rismahani, WAGs Timnas Indonesia Calon Istri Witan Sulaeman

Menurut media tersebut, ada dua kemungkinan alasan Evan Dimas digantikan oleh Asnawi Mangkualam sebagaimana merujuk pernyataan seorang sumber.

Pertama, kekuatan Evan Dimas yang selama ini menjadi pilar Timnas Indonesia telah dikantongi lawan. Adapun yang kedua Evan Dimas dibangkucadangkan lantaran sedang tidak dalam performa terbaiknya.

Di sisi lain, Thailand juga melakukan pergantian kapten yang berbuah dengan kesuksesan. Di Piala AFF 2020, Thailand mendapuk Chanathip Songkrasin sebagai kapten.

Baca Juga:
5 Potret RRQ Vivi Pakai Hijab, Si Cantik yang Dekat dengan Dewangga

Padahal biasanya, posisi itu diisi oleh sang pemain veteran Teerasil Dangda atau Theerathon Bunmathan. Terpilihnya Chanathip ini diduga ada andil dari sang manajer Thailand, Nualphan Lamsam atau Madam Pang.

Chanathip terbukti tidak mengecewakan para penggemar dengan performanya yang mentereng hingga sukses mengantarkan Thailand sebagai juara Piala AFF 2020.

Nah, langkah Timnas Indonesia dan Thailand ganti kapten dinilai bisa diadopsi oleh Pak Hang-seo.

Baca Juga:
Coutinho Sudah, 4 Gelandang Ini Harus Cari Klub Baru demi Selamatkan Karier

"Thailand dan Indonesia sudah berani berubah dan bisa menjadi usul bagi tim Vietnam pada 2022, saat pelatih Park Hang-seo bertekad memperbaharui skuad," tulis Zingnews.

Load More