Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Mantan Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Syamsuddin Umar menyinggung soal masa depan Shin Tae-yong di Tanah Air.

Secara gamblang, dia menyebut, kontrak Shin Tae-yong layak diperpanjang demi kemajuan Skuad Garuda.

Bukan tanpa sebab, menurutnya, juru taktik asal Korea Selatan itu memiliki strategi yang mumpuni dan juga berani memaikan pemain muda.

Baca Juga:
Tinggalkan Persis Solo, Irfan Jauhari Merapat ke Persija Jakarta

Baginya, Shin Tae-yong telah membangun pondasi yang kuat sejak menangani timnas dan itu perlu dilanjutkan agar bisa membentuk tim yang mampu berprestasi.

"Jadi Shin Tae Yong itu kalau bisa kita kontrak 5 tahun atau jangka panjang untuk menyelesaikan pekerjaannya," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

"Sejauh ini para pelatih tidak tuntas menyelesaikan pekerjaannya, paling satu hingga dua tahun di timnas. Tidak pernah secara kontinyu, selalu berganti-ganti," lanjutnya.

Baca Juga:
Gayanya Disebut Khas Bapak-bapak, Potret Anya Geraldine Berbikini di Pantai

Syamsuddin Umar juga memberikan apresiasi kepada Shin Tae-yong yang kembali fokus dalam basic sepak bola seperti kontrol bola, passing dan dribel.

Jika Shin Tae-yong dikontrak jangka panjang, maka stakeholder sepak bola mulai pengamat, pemerhati, pelaku sepak bola, hingga pengambil kebijakan, bisa belajar program-program selama menangani timnas.

"Agar ketika dia pergi, maka ada yang ditinggalkan. Jangan ketika STY pulang, justru kita tidak mendapatkan apa-apa. Tugas kita bersama yakni bagaimana mengawasi kinerjanya," ungkapnya.

Baca Juga:
Media Korea Selatan Ungkap Alasan Mengapa Klub K-League Incar Pratama Arhan

Mantan Pelatih PSM Makassar juga memuji keberanian dan kejelian Shin Tae-yong memainkan pemain usia muda di Piala AFF 2020, tentu butuh apresiasi. Apalagi kinerja pemain juga cukup menjanjikan saat diberikan kepercayaan.

Usia pemain yang dibawa ke Piala AFF 2020 rata-rata muda, disebutnya akan menjadi keuntungan Indonesia saat tampil di Piala AFF U-23.

Baca Juga:
Disinggung soal Romelu Lukaku, Antonio Conte Tolak Berkomentar

Load More