Jum'at, 19 Agustus 2022
Irwan Febri Rialdi : Selasa, 04 Januari 2022 | 14:14 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Sejumlah pemain timnas Indonesia yang tampil impresif di Piala AFF 2020 mengalami lonjakan harga pasar yang cukup fantastis.

Beberapa pemain yang harga pasarnya melonjak ini memang berkontribusi besar terhadap kelolosan timnas Indonesia hingga melaju ke partai final Piala AFF 2020.

Selain itu, mayoritas nama yang muncul dalam daftar ini memang menjadi pemain yang paling diandalkan oleh pelatih Shin Tae-yong sepanjang turnamen Piala AFF 2020.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain timnas Indonesia yang mengalami harga pasar fantastis seusai tampil di Piala AFF 2020.

1. Egy Maulana Vikri (25 ribu euro)

Egy Maulana Vikri usai cetak gol lawan Singapura. (Instagram/egymaulanavikri)

Egy Maulana Vikri memang tak banyak tampil bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2020, tapi harga pasarnya justru mengalami lonjakan yang fantastis.

Dari awalnya dibanderol dengan harga pasar sebesar 150 ribu euro, atau setara dengan Rp 2,4 miliar, kini angkanya meningkat 25 ribu euro.

Dengan demikian, harga pasar pemain FK Senica itu saat ini mencapai 175 ribu euro, atau setara dengan Rp 2,8 miliar.

2. Asnawi Mangkualam (kenaikan 25 ribu euro)

Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Sebelum tampil di Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam menjadi salah satu pemain timnas Indonesia yang memiliki harga pasar tertinggi.

Sebab, kala itu ia dibanderol dengan harga sebesar 350 ribu euro. Setelah tampil impresif di Piala AFF 2020, harga pemain Ansan Greeners ini meningkat 25 ribu euro.

Kini, pemain berusia 22 tahun itu dibanderol dengan harga pasar sebesar 375 ribu euro, atau setara dengan Rp 6 miliar.

3. Rachmat Irianto (kenaikan 50 ribu euro)

Pemain timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) berebut bola dengan pemain Thailand Chanathip Songkrasin pada pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Thailand di Stadion Nasional Singapura pada 1 Januari 2022.Roslan RAHMAN / AFP.

Rachmat Irianto menjadi salah satu pemain muda yang mulai mendapatkan kepercayaan oleh Shin Tae-yong di skuad timnas Indonesia.

Pada Piala AFF 2020, ia juga sukses membayar lunas kepercayaan itu. Performanya yang impresif di lini tengah turut melambungkan harga pasar pemain Persebaya ini.

Sebab, harga pasar Rian, sapaan akrabnya, mengalami lonjakan sebesar 50 ribu euro. Kini, dari laman Transfermarkt, Rian dibanderol dengan harga pasar yang mencapai 300 ribu euro, atau setara dengan Rp 4,8 miliar.

4. Pratama Arhan (kenaikan 75 ribu euro)

Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan Man of the Match laga Timnas Indonesia kontra Malaysia. [AFF Suzuki / Twitter]

Performa Pratama Arhan sepanjang gelaran Piala AFF 2020 memang sangat impresif. Itulah sebabnya ia mendapatkan gelar sebagai Pemain Muda Terbaik.

Karena itu pula, harga pasar Pratama Arhan mengalami lonjakan jauh. Dari sebelumnya di angka 250 ribu euro, atau setara dengan Rp 4 miliar, kini harganya mencapai 325 ribu euro atau RP 5,2 miliar.

Dengan demikian, pemain asal PSIS Semarang ini mengalami lonjakan harga yang mencapai 75 ribu euro, atau setara dengan Rp 1,2 miliar.

5. Ricky Kambuaya (Kenaikan 100 ribu euro)

Pemain Timnas Indonesia Ricky Kambuaya berebut bola dengan pemain Singapura di leg kedua Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021). [dok.PSSI)

Harga pasar gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, melesat tinggi setelah performanya yang impresif di Piala AFF 2020.

Sebelum Piala AFF 2020, harga pasar Ricky Kambuaya hanya mencapai 124 ribu euro, atau sekitar Rp 2 miliar. Namun, setelah turnamen itu, harganya melonjak drastis.

Sebab, kini harga pasar pemain Persebaya Surabaya itu mencapai 225 ribu euro, atau sekitar Rp 3,6 miliar. Artinya, peningkatan harga pasarnya mencapai 100 ribu euro.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

BACA SELANJUTNYA

Alarm Buat Timnas Indonesia, Vietnam Perkuat Tim Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023