Irwan Febri Rialdi
Pelatih Shin Tae-yong saat memantau skuad Timnas Indonesia U-18 menjalani internal game (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Shin Tae-yong rupanya sudah cukup akrab dengan Indonesia sejak lama. Sebelum resmi melatih skuat Garuda pada akhir 2019, ia pernah datang ke Indonesia pada 1995.

Satu foto jadul yang viral di media sosial memperlihatkan sebuah momen di mana Shin Tae-yong yang masih berkarier sebagai pemain, coba melewati hadangan penggawa Persib Robby Darwis pada 1995.

Melansir Suarajogja.id --jaringan Suara.com, Selasa (4/1/2022), Shin Tae-yong itu membela klub negara asalnya, Ilhwa Chunma.

Baca Juga:
10 Pesepak Bola Asia Paling Bersinar 2021, Ada Eks Murid Shin Tae-yong

Ilhwa Chunma berjumpa Persib Bandung di perempat final Liga Champions Asia wilayah Asia Timur, yang saat itu menggunakan format grup berisikan empat tim.

Ilhwa Chunma, yang kini bernama Seongnam FC pada akhirnya berhasil mengalahkan Persib Bandung dengan skor telak 5-2 di Stadion King Fahd, Arab Saudi. Dalam laga itu, Shin Tae-yong turut mencetak satu gol pada menit ke-19.

Baca Juga:
Pratama Arhan Ingin Ajak Shin Tae-yong ke Sawah, Netizen Bikin Meme Kocak

Klub Shin Tae-yong pada akhirnya keluar sebagai kampium pada gelaran Liga Champions Asia usai menekuk klub asal Arab Saudi Al-Nassr dengan skor tipis 1-0 di partai final.

Kini, 16 tahun telah berlalu sejak momen yang terabadikan di sebuah foto jadul tersebut. Shin Tae-yong kini berada di Indonesia untuk menukangi Skuad Garuda.

Nama Shin Tae-yong dalam beberapa pekan terakhir terus menjadi perhatian. Debutnya menukangi Timnas Indonesia di ajang Piala AFF menuai banyak pujian.

Baca Juga:
Jalani Karantina, Semua Pemain Timnas Indonesia Negatif COVID-19

Meski gagal merengkuh Piala AFF tapi sentuhan eks pelatih Timnas Korea Selatan itu terhadap para penggawa muda Garuda dinilai sukses. Performa Timnas Indonesia berhasil dikantrol bahkan ranking skuat Merah Putih meroket sepanjang akhir tahun 2021.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Baca Juga:
Uji Coba Penonton Liga 1 2021/2022, Paling Banyak 5 Ribu Orang

Load More