Rauhanda Riyantama
Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Dalam hitungan jam, Timnas Indonesia akan kembali berhadapan dengan Thailand di leg kedua final Piala AFF 2020, Sabtu (01/01/22). Berikut prediksi susunan pemain skuat Garuda di laga nanti.

Timnas Indonesia mengusung misi untuk membalikkan keadaan di leg kedua final Piala AFF 2020 atas Thailand usai di leg pertama sempat tertinggal 0-4.

Di leg pertama, Thailand mampu mencetak empat gol tanpa balas ke gawang Indonesia lewat Brace Chanathip Songkrasin dan satu gol yang masing-masing dicetak oleh Supachok Sarachat dan Bordin Phala.

Baca Juga:
Banting Setir ke Industri Porno, Eks Pembalap Mengaku Mentalnya Terganggu

Secara permainan, anak asuh Shin Tae-yong gagal mengimbangi permainan Thailand di leg pertama, baik dalam menyerang maupun bertahan.

Pada leg pertama, Indonesia kalah segalanya berdasarkan statistik, baik itu dalam hal penguasaan bola, jumlah tembakan ke gawang, dan jumlah operan.

Berkaca dari leg pertama, Shin Tae-yong telah mengindikasikan bahwa ia ingin anak asuhnya bisa bermain lebih baik di leg kedua meski sulit bagi Indonesia untuk membalikkan keadaan di papan skor.

Baca Juga:
Dukung Timnas Indonesia, Anak Shin Tae-yong Malah Digoda Netizen

“Itu mungkin sulit bagi kamu untuk membalikkan keadaan dan mengalahkan Thailand di leg kedua untuk menjadi juara, khususnya jika performanya sama dengan pertandingan hari ini (leg pertama),” ujar Shin Tae-yong dikutip dari ESPN.

Masih dari sumber yang sama, Shin Tae-yong mengaku dirinya pede bisa meraih kemenangan di leg kedua melawan Thailand nanti karena beberapa alasan.

“Saya yakin kami akan memenangkan pertandingan ini besok. Di leg pertama, pemain kami grogi dan itu dapat dimengerti karena mereka belum punya pengalaman di laga besar,” ucap Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Tersingkir dari Piala AFF, Malaysia Diminta Belajar dari Timnas Indonesia

“Kami sadar Thailand adalah tim kuat dan itu akan menjadi pertandingan berat, tapi seperti yang saya katakan, saya percaya kami akan menang,” tukasnya.

Untuk itu, kemungkinan besar juru taktik asal Korea Selatan ini akan menurunkan para pemain terbaiknya dan pemain berpengalaman di laga terakhir ini guna membuktikan ucapannya tersebut.

Di posisi kiper, Nadeo Argawinata diyakini akan dipercaya untuk mengawal gawang Indonesia. Diprediksi ia akan dikawal oleh empat bek andalan yakni Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan.

Baca Juga:
Eks Pelatih Bayern Munchen Ikut Prediksi Laga Thailand vs Timnas Indonesia

Kembalinya Pratama Arhan yang sempat absen di leg pertama pun diyakini akan membuat lini pertahanan Indonesia semakin kuat.

Untuk lini tengah, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya akan kembali diduetkan sebagai Double Pivot, baik untuk mengatur tempo permainan maupun untuk bertahan.

Di depan kedua pemain ini, akan ada tiga gelandang serang dengan komposisi satu gelandang dan dua winger cepat. Nama Egy Maulana Vikri pun diprediksi akan diturunkan sejak menit awal bersama Witan Sulaeman dan Evan Dimas.

Sedangkan pos penyerang, nama Ezra Walian akan menjadi opsi utama untuk memecah konsentrasi bek lawan dengan pergerakannya di Final Third.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Leg Kedua Kontra Thailand

Timnas Indonesia (4-2-3-1):

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri; Ezra Walian

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More