Husna Rahmayunita
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kedua kanan) menghalau bola dari pesepak bola Timnas Thailand Tristan Do (kanan) dalam pertandingan Babak Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021). [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Bolatimes.com - Mantan asisten pelatih Bayern Munchen U-19, Lim Teong Kim mengungkap analisisnya jelang laga Thailand vs Timnas Indonesia di leg 2 final Piala AFF 2020.

Lim Tong Kim menjagokan Thailand sebagai juara Piala AFF 2020. Menurutnya, anak asuhan Alexandre Polking lebih mumpuni.

Saat ini, Thailand memang lebih memiliki kesempatan besar untuk menang berkat modal bagus di leg 1.

Baca Juga:
Gagal di Piala AFF 2020, Park Hang-seo Ingin Vietnam Diperkuat Pemain Eropa

Pada pertandingan leg 1 yang digelar Rabu (29/12/2021), Thailand membuat Timnas Indonesia babak belur dengan empat gol tanpa balas.

Empat gol Thailand disumbangkan Chanathip Songkrasin (2' dan 52'), Supachok Sarachat (67') dan Bordin Phala (83').

Keunggulan Thailand ini diakui oleh Lim Teong Kim. Mantan pemain Timnas Malaysia itu memuji kualitas skuad Gajah Perang.

Baca Juga:
Ayah Chanathip Songkrasin Ungkap Momen Anaknya Loyo di Piala AFF 2020

"Thailand pandai menguasai bola. Mereka bisa bertarung, menendang, dan bermain kotor. Ini adalah syarat sukses dalam sepak bola internasional," ujarnya seperti dikutip dari New Strait Times.

Bahkan secara gamlang, Lim Teong Kim menyebut pertandingan Thailand vs Indonesia bisa dijadikan pelajaran untuk Timnas Malaysia yang tersingkir dari Piala AFF 2020.

"Malaysia bisa belajar satu atau dua hal dari Thailand dan Indonesia. Malaysia memainkan sepakbola non-kontak karena para pemain kami tidak terbiasa dengan permainan seperti ini," kata Lim.

Baca Juga:
Panas! Pelatih Thailand Disindir Ingin Jadi Penerus Park Hang-seo

"Di Liga Malaysia jika bermain agresif biasanya menjurus ke arah perkelahian. Padahal ini biasa terjadi di sepakbola modern. Ini adalah bagian dari permainan, tetapi sebagian besar pemain Malaysia tidak terbiasa dengan adu fisik," pungkasnya.

Adapun laga Thailand vs Timnas Indonesia di pertemuan kedua final Piala AFF 2020 akan digelar Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Baca Juga:
Thailand Diprediksi Kalahkan Timnas Indonesia 3-0 di Leg 2 Final Piala AFF

Load More