Irwan Febri Rialdi
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Bolatimes.com - Link live streaming Timnas Indonesia vs Thailand. Duel leg pertama final Piala AFF 2020 tersebut akan digelar di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021) 19.30 WIB.

Hasil kemenangan bakal menambah kepercayaan diri tim Merah Putih buat melakoni leg kedua pada 1 Januari 2022. Tentu tidak akan mudah mengingat lawan yang dihadapi adalah Thailand.

Perjumpaan antara Timnas Indonesia kontra Thailand tidak menguntungkan untuk skuad Garuda. Dari tiga pertemuan di final Piala AFF, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan.

Pemain Indonesia Ezra Harm Ruud Walian (tengah) diberi selamat oleh rekan setimnya setelah mencetak gol pada pertandingan leg kedua semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura pada 25 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Itu terjadi pada Piala AFF 2000, Piala AFF 2002, dan Piala AFF 2016. Sebenarnya, pada 2016 Indonesia bisa menang di leg pertama, namun pada akhirnya gagal angkat trofi karena kalah di leg kedua.

Thailand juga punya sejarah yang bagus di Piala AFF. The War Elephant telah memenangi turnamen paling bergengsi se-Asia Tenggara sebanyak lima kali.

Sedangkan Indonesia belum sekalipun bisa juara. Padahal, skuad Garuda sudah berlaga sebanyak lima kali di laga puncak.

Meski begitu, Timnas Indonesia yang didominasi pemain muda punya kepercayaan diri cukup tinggi. Hasil tanpa kekalahan diraih sejak babak penyisihan Grup B.

Namun, Timnas Indonesia bukan tanpa halangan melakoni pertandingan ini. Fullback Pratama Arhan harus absen karena akumulasi kartu.

Begitu juga dengan Rachmat Irianto yang dilaporkan mengalami cedera. Meski hanya cedera ringan, pemain Persebaya Surabaya itu bisa saja diistirahatkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Sementara itu Thailand tak kalah superior di Piala AFF 2020. Mereka berhasil meraih empat kemenangan pada babak fase grup.

Sementara pada babak semifinal kemarin, Thailand berhasil menyingkirkan lawan kuat dan kandidat juara turnamen ini Vietnam dengan agregat 2-0.

Pada laga final nanti, Thailand juga harus kehilangan dua pemainnya. Pertama adalah bek sayap Theerathon Bunmathan akumulasi kartu dan penjaga gawang Chatchai Budtporm yang cedera.

Pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 bisa disaksikan secara streaming dengan mengklik tautan berikut ini: Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Thailand.

(Suara.com/Syaiful Rachman)

Load More