Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Elkan Baggott usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott, dilaporkan tengah diincar oleh klub raksasa Jepang, FC Tokyo. Kabar ketertarikan FC Tokyo terhadap Elkan Baggott itu pertama kali dihembuskan oleh akun Twitter @FCTOKYO_WATCH pada Selasa (28/12/2021).

Menurut akun tersebut, FC Tokyo berminat untuk mendatangkan Elkan Baggott karena pemain Ipswich Town itu memiliki postur yang ideal untuk bertarung duel udara.

“FC Tokyo menunjukkan minatnya terhadap bek Ipswich Town, Elkan Baggott. Bek timnas Indonesia itu memiliki tinggi badan, tingkat kemenangan duel udara, dan pembawaan bola yang baik. Saat ini, dia bermain di Piala AFF 2020,” tulis @FCTOKYO_WATCH.

Baca Juga:
5 Potret Madam Pang, Manajer Timnas Thailand yang Cantik dan Kaya Raya

Ketertarikan FC Tokyo terhadap pemain berusia 19 tahun itu memang bukan tanpa alasan. Sebab, Elkan memiliki postur setinggi 194 cm.

Dengan postur semacam itu, pemain keturunan Indonesia-Inggris ini sangat ideal untuk menghadapi duel-duel udara, baik saat bertahan maupun membantu penyerangan.

Profil FC Tokyo

Baca Juga:
Sebut Thailand Tak Pantas Juarai Piala AFF, Pakar Jagokan Timnas Indonesia

FC Tokyo merupakan klub sepak bola profesional asal Jepang yang berbasis di Chofu, Tokyo. Klub ini berkompetisi di kasta tertinggi Liga Jepang, atau J1 League.

Awalnya, FC Tokyo merupakan sebuah klub sepak bola yang menggunakan nama Tokyo Gas Soccer Club pada tahun 1993.

Penampilan pertama mereka di kompetisi nasional pertama kali tercatat pada 1991, yakni edisi terakhir dari sistem kompetisi Japan Soccer League.

Baca Juga:
Lawan Thailand, Alfeandra Dewangga Bakal Berikan Performa Terbaik

Klub ini akhirnya berubah nama menjadi Tokyo Football Club Company setelah sejumlah perusahaan bergaung agar bisa berkompetisi di J.League.

Pada tahun 1999, mereka akhirnya bisa berpartisipasi di J2 League dan menduduki peringkat kedua di klasemen akhir.

Posisi ini turut mengantarkan mereka promosi ke J1 League pada musim 2000. Meski sempat diragukan bertahan di kasta tertinggi, mereka sukses menyapu bersih empat laga dengan kemenangan.

Baca Juga:
Menyejukkan, Wejangan Ayah Rizky Ridho Jelang Timnas Indonesia vs Thailand

Sepanjang sejarahnya, FC Tokyo sudah tiga kali mencatatkan gelar juara di ajang Piala J.league, yakni pada musim 2004, 2009, dan 2020.

Sementara itu, gelar juara kompetisi satu-satunya yang pernah mereka raih ialah J2 League pada musim 2011. Pada tahun yang sama, mereka juga sempat meraih gelar Emperor’s Cup.

Saat itu, mereka sempat terdegradasi dari kasta tertinggi karena mengakhiri persaingan di peringkat 16 klasemen akhir J1 League 2010.

Namun, tak butuh waktu lama bagi FC Tokyo untuk kembali ke kasta tertinggi. Sebab, gelar juara J2 League yang disebut sebelumnya membawa mereka kembali promosi.

Sejauh ini, penampilan terbaik FC Tokyo di J1 League tercatat pada musim 2019. Saat itu, mereka berhasil mengakhiri posisi di peringkat kedua klasemen akhir.

Pada penampilan terakhir mereka di J1 League 2021, tim berjulukan Gas ini mengakhiri persaingan di peringkat ke-9 klasemen akhir.

Sampai saat ini, FC Tokyo menggunakan Ajinomoto Stadium sebagai markas mereka. Nama resmi dari stadion ini ialah Tokyo Stadium.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More