Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia bakal kehilangan salah satu pemain kuncinya, yaitu Pratama Arhan, di laga leg pertama final Piala AFF 2020 melawan Thailand.

Kedua tim dijadwalkan bertemu di National Stadium Singapore, Rabu (29/12/2021) malam WIB. Shin Tae-yong sudah memastikan Pratama Arhan tidak akan bisa bermain di pertemuan pertama.

Pemain milik PSIS Semarang itu harus absen lantaran terkena akumulasi kartu kuning yang dia dapatkan pada dua leg semifinal menghadapi Singapura.

Baca Juga:
5 Hal yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia sebelum Jumpa Thailand

Tidak hadirnya Pratama Arhan jelas akan menjadi kehilangan besar buat Timnas Indonesia. Pemain berusia 20 tahun tersebut merupakan andalan Shin Tae-yong di pos bek kiri.

Lantas, siapa saja pemain yang berpotensi menjadi pengganti Pratama Arhan di leg pertama final Piala AFF 2020 melawan Thailand? Berikut ulasannya.

1. Edo Febriansah

Baca Juga:
Singgung Kualitas, Kylian Mbappe Tolak Wacana Piala Dunia 2 Tahun Sekali

Selebrasi pemain Persita Tangerang, Edo Febriansyah usai bobol gawang Arema FC. (Instagram/persita.official)

Satu nama yang langsung bisa diprediksi bakal menjadi pengganti Pratama Arhan adalah bek kiri milik Persita Tangerang, Edo Febriansah.

Penampilannya memang tidak menonjol seperti Pratama, namun dia punya kemampuan tidak jauh berbeda dengan Pratama sebagai bek kiri.

Edo juga sudah mencicipi bermain di fase grup Piala AFF 2020. Kehadiran Edo setidaknya masih bisa membuat skema permainan Shin Tae-yong tetap berjalan.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Thailand, Pratama Arhan Absen

2. Alfeandra Dewangga

Bek Timnas Indonesia, Alfreanda Dewangga. (Instagram/alfeandradewangga)

Alfeandra Dewangga memang berposisi sebagai bek tengah dan jadi andalan Shin Tae-yong di pos tersebut. Namun, dia merupakan pemain yang fleksibel.

Dia bisa digeser sebagai gelandang bertahan dalam beberapa laga terakhir Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Alfeandra juga bisa digeser ke pos bek kiri.

Baca Juga:
Tak Lagi Nganggur, Pesepak Bola Terkaya di Dunia Gabung Klub Thailand

Pilihan menggeser Alfeandra ke pos bek kiri cukup realistis mengingat Shin Tae-yong punya cukup banyak stok pemain di bek tengah.

3. Rizky Dwi Febrianto

Pemain ini juga sudah didaftarkan PSSI ke Piala AFF 2020. Meski posisi aslinya adalah bek kanan, tetapi pemain Arema Malang itu bisa menjadi opsi ideal bagi Shin Tae-yong untuk menggantikan Pratama Arhan.

Hanya saja, Rizky Dwi Febrianto tercatat belum pernah diturunkan oleh Shin Tae-yong. Dia pun terlambat bergabung dengan tim karena harus membela Arema lebih dulu di Liga 1.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More