Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong menuai pujian dari publik Korea Selatan (Korsel) setelah sukses mengantarkan Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2020.

Bahkan, popularitas Shin Tae-yong disebut mengungguli bintang Kpop yang melejit di tanah kelahirannya seusai berjaya bareng Timnas Indonesia

Itu diketahui dari akun YouTube HANJUNE TV Footics yang tayang pada Minggu (26/12/2021). Dalam tayangan itu, host acara menyampaikan kabar dengan bahasa Korea.

Baca Juga:
Persis Solo Promosi ke Liga 1, Begini Reaksi Bos PSIS Semarang

"Shin Tae-yong lebih hebat dari Kpop: Respons eksplosif dari Indonesia menuju final Piala AFF 2020," tulis judul tayangan YouTube tersebut.

Dalam tayangan itu, Shin Tae-yong dibahas tuntas karena bisa membawa timnas Indonesia ke babak final. Tentu hal ini mengejutkan karena tim Merah Putih sebelumnya sempat diragukan.

Shin Tae-yong disebut lebih hebat dari bintang Kpop. (YouTube/HANJUNE TV Footics)

Perjuangan Shin Tae-yong dan para pemain timnas Indonesia ke babak final Piala AFF 2020 memang bukan hal mudah.

Baca Juga:
Rans Cilegon Promosi, Gading Marten ke Raffi Ahmad: Kita Jumpa di Liga 1

Tergabung di Grup B, Evan Dimas cs harus bersaing dengan tim kuat seperti Malaysia dan Vietnam. Belum lagi ada Laos serta Kamboja yang diharapkan bisa mengejutkan.

Namun hasilnya memuaskan diawali kemenangan melawan Kamboja serta Laos. Setelah itu, menghadapi Vietnam Shin Tae-yong mampu menunjukkan taktik bertahan luar biasa.

Meski bermain bertahan, timnas Indonesia mampu membuat lawannya frustasi. Alhasil skuad berhasil menahan VIetnam dengan skor 0-0.

Baca Juga:
Rans Cilegon vs Persis Solo di Final Liga 2, Kaesang Sampaikan ini ke Raffi

Di laga penentuan, timnas Indonesia meledak ketika menghadapi rival bebuyutan Malaysia. Anak asuh Shin Tae-yong berhasil menang telak 4-1.

Berkat kemenangan ini, timnas Indonesia akhirnya menjadi juara grup, karena unggul agresivitas gol dari Vietnam, meski poinnya sama.

Di babak semifinal, skuad Garuda harus menghadapi tim tuan rumah Singapura. Pada leg pertama, laga berlangsung imbang 1-1.

Baca Juga:
3 Pemain yang Dipastikan Absen di Leg Pertama Final Piala AFF 2020

Drama terjadi di leg kedua. Timnas Indonesia menang 4-2 lewat babak tambahan waktu, sedangkan Singapura harus mendapatkan tiga kartu merah.

Adapun di final nanti, timnas Indonesia akan menghadapi Thailand yang menyingkirkan Vietnam. Pertandingan final Piala AFF 2020 dijadwalkan pada 29 Desember dan 1 Januari 2022 mendatang.

Load More