Rauhanda Riyantama
Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata. (Twitter/@weirdeeeee)

Bolatimes.com - Nadeo Argawinata banjir pujian di semifinal leg kedua Piala AFF 2020 kala Timnas Indonesia bersua Singapura. Ia mampu menjadi pahlawan usai menepis penalti Faris Ramli di menit akhir waktu normal.

Timnas Indonesia menjalani laga dramatis kala bersua Singapura di semifinal leg kedua Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/21) lalu.

Dalam laga itu, tim Merah Putih mampu meraih kemenangan 4-2. Kemenangan ini membawa Indonesia merebut satu tiket di semifinal.

Baca Juga:
Persis Solo Promosi ke Liga 1, Begini Reaksi Bos PSIS Semarang

Kemenangan meyakinkan tersebut pun nyatanya tak didapat dengan muda. Skuat Garuda harus menjalani laga yang terbilang dramatis.

Bagaimana tidak, dalam 90 menit waktu normal Singapura harus menerima dua penggawanya diusir keluar lapangan akibat kartu merah.

Meski bermain dengan sembilan pemain, Singapura bisa unggul  dengan skor 2-1 sebelum Pratama Arhan menyamakan kedudukan di menit ke-87 untuk Indonesia.

Baca Juga:
Rans Cilegon Promosi, Gading Marten ke Raffi Ahmad: Kita Jumpa di Liga 1

Pasca gol penyama kedudukan itu, Pratama Arhan membuat kesalahan dengan melakukan pelanggaran di area 16 sehingga Singapura mendapat hadiah penalti tepat di menit-menit akhir waktu normal.

Momen Asnawi Mangkualam mendatangi pemain Singapura, Faris Ramli usai gagal cetak gol dari penalti. (Twitter)

Saat itu, Faris Ramli yang maju sebagai eksekutor. Jika ia berhasil menuntaskan eksekusinya itu, Indonesia bisa saja tersingkir dan gagal menembus final.

Di momen menegangkan ini, Nadeo Argawinata pun keluar sebagai pahlawan bagi Indonesia. Ia membaca arah bola dengan tepat dan menggagalkan penalti dari Faris Ramli.

Baca Juga:
Rans Cilegon vs Persis Solo di Final Liga 2, Kaesang Sampaikan ini ke Raffi

Penyelamatan gemilang Nadeo ini pun lantas membuat laga dilanjutkan ke babak Extra Time sehingga Indonesia berhasil mencetak dua gol tambahan dan lolos ke final.

Nyatanya, penyelamatan penalti Nadeo di menit akhir tak hanya dilakukan sekali ini saja. Sebelumnya kiper Bali United ini juga mampu mementahkan eksekusi Marko Simic di Liga 1 2021.

Jadi Pahlawan Bali United

Baca Juga:
3 Pemain yang Dipastikan Absen di Leg Pertama Final Piala AFF 2020

Penyelamatan penalti di menit akhir mampu dilakukan Nadeo di Liga 1 pekan ke-13 kala Bali United menghadapi Persija Jakarta pada 25 November lalu.

Di laga itu, Bali United mampu mencuri kemenangan atas Macan Kemayoran lewat gol tunggal Ilija Spasojevic di menit ke-25.

Kemenangan Laskar Serdadu Tridatu saat itu hampir buyar setelah pemain muda Persija, Dony Tri Pamungkas, dijatuhkan oleh Dias Angga Putra di kotak 16 tepat di menit terakhir waktu normal.

Alhasil, wasit menunjuk titik putih. Marko Simic pun maju menjadi ekeskutor guna menyelamatkan wajah Persija dari kekalahan.

Tak disangka, Nadeo berhasil menepis penalti tersebut. Kiper berusia 24 tahun itu mampu menepis eksekusi Marko Simic yang mengarah ke tengah gawang dengan kakinya.

Keberhasilan ini pun lantas disambut suka cita rekannya karena Nadeo berhasil menjadi pahlawan di balik tiga poin yang direngkuh Bali United dari Persija Jakarta.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More