Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Shin Tae-yong dengan pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida. (Dok. Piala AFF)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjelaskan penyebab keributan yang sempat terjadi di akhir babak pertama melawan Singapura dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021).

Pertandingan antara timnas Indonesia melawan Singapura memang berjalan panas sejak menit pertama. Skuat Garuda awalnya mampu unggul cepat pada menit ke-11 lewat gol Ezra Walian.

Walau demikian, Singapura mampu mencetak gol penyeimbang di akhir babak pertama berkat tendangan Song Ui-young yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Nadeo.

Baca Juga:
Wasit Liga 3 Dikeroyok, Pelipis Robek dan Kini Lapor Polisi

Gol itu pun nampak berarti bagi The Lions. Pasalnya sebelumnya satu pemain mereka Safuwan Baharudin diusir wasit karena mendapaktan kartu kuning kedua.

Nah setelah gol tercipta, sempat terjadi keributan yang tertangkap kamera. Shin Tae-yong terlihat adu mulut dengan staf pelatih Singapura.

Menjelaskan hal tersebut, Shin Tae-yong mengaku bahwa ada konfrontasi yang dilakukan pemain Singapura saat selebrasi gol yang dicetak Song.

Baca Juga:
Hadapi Singapura, Ricky Kambuaya Niat Berikan Kado Spesial di Hari Natal

"Memang tidak masalah besar, tapi karena ada selebrasi dari pemain Singapura kepada bench kami (timnas Indonesia). Jadi saya sedikit bicara kepada pelatih Singapura bahwa kita harus fair play," jelas Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca-laga.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Benar saja, keributan itu tidak berlangsung lama karena emosi dari kedua belah pihak sudah menurun dan mereka saling memaafkan.

"Setelah itupun baik-baik saja, karena pelatih Singapura sudah meminta maaf," imbuh juru taktik asal Korea Selatan itu.

Baca Juga:
Kronologi Wasit Liga 3 Dikeroyok Pemain, Korban Terima 10 Jahitan

Sementara itu, timnas Indonesia juga unggul dua pemain karena pemain Singapura Irfan Fandi terkena kartu merah pada menit ke-67.

Akan tetapi, tim Garuda malah sempat panik karena kebobolan gol Shahdan Sulaiman pada menit ke-74 yang mengubah skor menjadi 2-1 untuk Singapura.

Beruntung Pratama Arhan sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 ketika laga memasuki menit ke-87. Nadeo juga menjadi penyelamat timnas Indonesia karena menepis penalti jelang akhir babak kedua.

Baca Juga:
Rumor Newcastle United Incar Pencetak Gol Terbanyak di Liga Arab Saudi

Berkat hasil imbang 2-2 di waktu normal, pertandingan pun dilanjutkan ke extra time. Nah, di masa tambahan waktu ini timnas Indonesia akhirnya menuntaskan perlawanan dari tim tuan rumah.

Shawal Anuar melakukan kesalahan dengan mencetak gol bunuh diri. Kemudian Egy Maulana Vikri melengkapi kemenangan tim Merah Putih menjadi 4-2.

Berkat kemenangan ini, timnas Indonesia memastikan satu tiket ke final Piala AFF 2020 usai unggul agregat 5-3 dari Singapura di semifinal.

Load More