Rauhanda Riyantama
Kiper Timnas Indonesia U-22, Nadeo Argawinata. [@nadeowinataa / Instagram]

Bolatimes.com - Nadeo Argawinata bisa dibilang jadi salah satu kunci keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020. Ia melakukan penyelamatan penting dengan menggagalkan penalti pemain Singapura di menit akhir babak kedua. 

Penalti tersebut bermula dari pelanggaran bek PSIS Semarang, Pratama Arhan. Beruntung, eksekusi Faris Ramli dimenit ke-91 dibaca dan ditepis dengan baik oleh Nadeo. 

Andaikan tendangan penalti tersebut masuk, Timnas Indonesia bisa saja dikalahkan oleh Timnas Singapura. Mengingat kedudukan skor saat itu imbang 2-2 dan Timnas Singapura memiliki peluang besar untuk lolos ke final. 

Baca Juga:
Pecah, Momen Shin Tae-yong Disirim Air usai Indonesia ke Final Piala AFF

Beruntung, Nadeo tampil tenang saat berhadapan dengan Faris Ramli dan berhasil menggagalkan tendangan penalti tersebut. Hingga akhirnya laga harus dilanjutkan ke babak ekstra time. 

Dibabak tambahan tersebut, Timnas Indonesia berhasil memaksimalkan peluang dan mencetak dua gol tambahan lewat bunuh diri S. Yanuar dan Egy Maulana Vikri untuk memperbesar skor menjadi 4-2.

Aksi heroik Nadeo yang menggagalkan tendangan penalti dan membantu Timnas Indonesia lolos ke final piala AFF 2020 pun menuai sorotan publik di media sosial. 

Baca Juga:
Viral Video Asnawi Mangkualam Berzikir sebelum Laga, Banjir Pujian Netizen

Nadeo trending di twitter. [Twitter]

Bahkan di twitter, nama pemain Bali United tersebut sampai trending topik. Tak sedikit dari para warganet yang terpukau dan memuji penampilan Nadeo Argawinata. 

"Alhamdulillah 4-2. Nadeo makasii banyak loh, kece bgt waktu pinalty tdi," ucapan akun @edytc**.

"Nadeo bukan cuma menyelamatkan tendangan penalti tapi juga menyelamatkan harga diri sepak bola indonesia," kata akun @fariz**.

Baca Juga:
Nadeo Gagalkan Penalti, Ini yang Diucapkan Asnawi Mangkualam ke Ramli Faris

Selanjutnya Timnas Indonesia akan menghadapi pemenang antara Thailand dan Vietnam pada babak final Piala AFF 2020. Kedua negara tersebut baru akan tampil malam nanti, Minggu (26/12/2021) malam WIB.

(Fitroh Nurikhsan)

Baca Juga:
Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam: Alhamdulillah

Load More