Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Jordi Amat ketika berseragam Swansea City. (Ian MacNicol / AFP)

Bolatimes.com - Exco PSSI, Hasani Abdulgani, menyebutkan bahwa Jordi Amat memang punya garis keturunan Indoensia. Oleh sebab itu, dia memenuhi syarat untuk pindah federasi dari Spanyol ke Indonesia.

Jordi Amat merupakan bek yang kini memegang paspor Spanyol. Dia juga sempat bermain di timnas U-21 Spanyol.

Meski begitu, bek yang pernah bermain di Swansea City dikabarkan bersedia membela timnas Indonesia. Di sisi lain, nama Jordi Amat memang dilirik Shin Tae-yong agar bisa mengisi pos pemain keturunan di skuat Garuda.

Baca Juga:
Ogah Adu Penalti, Shin Tae-yong Incar Kemenangan Langsung atas Singapura

Hasani Abdulgani yang ditunjuk untuk memproses naturalisasi pemain incaran Shin Tae-yong kemudian membagikan informasi terkait Jordi Amat via akun Instagramnya pada Jumat (23/12/2021).

Dia menjelaskan bahwa Jordi Amat memang punya garis keturunan Indonesia, sehingga bisa memenuhi untuk pindah syarat federasi.

Informasi garis keturunan Indonesia milik Jordi Amat. (Instagram/hasaniabdulgani)

"Ibu lahir di Belanda dan ayah warga negara Spanyol. Nenek (ibu dari ibunya Jordi) lahir di Makassar (WN Belanda)," tulis Hasani Abdulgani di keterangan unggahannya.

Baca Juga:
Soroti Pemain Bahaya Singapura, Shin Tae-yong Wanti-wanti Skuad Garuda

"Karena nenek lahir di Indonesia, Jordi bisa bermain di timnas Indonesia (FIFA statues art.1 par. 1-C) dan memenuhi syarat pindah federasi juga (FIFA statues art.9 par. 2)," tutupnya.

Sebelumnya Hasani Abdulgani juga mengatakan bahwa proses pengurusan dokumen Jordi Amat untuk dinaturalisasi sudah mencapai 90 persen.

Selain Jordi Amat, masih ada tiga pemain lagi yang akan diproses agar bisa membela timnas Indonesia. Ketiganya adalah Sandy Walsh, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Baca Juga:
Fokus Bersama Timnas, Egy Maulana Tak Peduli dengan Kekuatan Singapura

Terlepas dari itu, kini timnas Indonesia sedang berjuang di Piala AFF 2020. Anak asuh Shin Tae-yong berhasil melaju ke babak semifinal dan akan menghadapi Singapura di leg kedua pada 25 Desember 2021.

Load More