Husna Rahmayunita
Potret pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Piala AFF 2020 telah memasuki babak semifinal dan kian dekat menuju partai puncak. Tak hanya berebut untuk mendapatkan status yang terbaik, beberapa negara di ajang ini juga akan mendapatkan hadiah Piala AFF 2020.

Saat artikel ini dibuat, Piala AFF 2020 telah melakoni laga semifinal leg pertama, di mana Timnas Indonesia menghadapi Singapura.

Di laga yang berlangsung Rabu (22/12/21) malam WIB itu, Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 1-1 dengan Singapura selaku tuan rumah.

Baca Juga:
Ada Pep Guardiola, Berikut 8 Pemain Top yang Pernah Berseragam AS Roma

Setelahnya, Piala AFF 2020 akan mempertemukan semifinalis lainnya dalam duel leg pertama, yakni antara Vietnam dan Thailand yang akan berlangsung pada Kamis (23/12/21).

Keempat negara ini akan saling adu sikut untuk memenangkan pertarungan di semifinal yang berlangsung dalam dua leg guna menembus babak final.

Pertarungan mencapai babak final ini menjadi pertaruhan gengsi bagi keempat negara yang dikenal punya tradisi kuat di Piala AFF sejak digelar pada 1996.

Baca Juga:
3 Pergantian Pemain yang Seharusnya Tidak Dilakukan saat Lawan Singapura

Tak hanya mendapat sebuah kebanggaan saja, namun keempat negara ini juga akan memperebutkan hadiah uang yang cukup fantastis yakni total 500 ribu dolar atau Rp 7 miliar.

Total hadiah ini nantinya akan didistribusikan kepada 4 negara yang mampu lolos ke babak semifinal dan lolos ke babak final.

Mengutip dari laman The Sports Gail, di babak semifinal ini keempat negara setidaknya akan mendapat masing-masing hadiah uang 50 ribu dolar atau Rp 737 juta.

Baca Juga:
Mendunia! Skema Gol Apik Witan Sulaeman Disorot Media Amerika

Nantinya, jumlah ini akan meningkat lagi jika para semifinalis ini mampu lolos ke babak final atau partai puncak Piala AFF 2020.

Di partai final, kedua negara akan berebut status yang terbaik di Asia Tenggara sekaligus memperebutkan hadiah uang tunai 300 ribu dolar atau Rp 4,29 miliar.

Jika gagal menjadi juara, negara yang finis sebagai Runner Up juga akan tetap mendapat gelontoran hadiah berupa uang sebesar 100 ribu dolar atau Rp 1,43 miliar.

Baca Juga:
Ikhsan Fandi Ternyata Punya Darah Indonesia, Kakek Buyutnya dari Pacitan

Dengan kata lain, jika Timnas Indonesia mampu melangkah ke partai final dan keluar sebagai juara Piala AFF 2020, maka skuad Garuda akan mendapatkan hadiah total Rp 5 miliar.

Berikut rincian hadiah uang di Piala AFF 2020:

Juara: 300 ribu dolar (Rp 4,29 miliar)
Runner Up: 100 ribu dolar (Rp 1,43 miliar)
Semifinalis: 50 ribu dolar (Rp 737 juta)

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More