Irwan Febri Rialdi
Penyerang Timnas Indonesia, Irfan Jaya berselebrasi bersama rekan-rekannya usai bobol gawang Malaysia. (Instagram/affsuzukicup)

Bolatimes.com - Piala AFF 2020 telah memasuki babak semifinal, lantas apakah ada perubahan pada daftar pencetak gol terbanyak di turnamen terbesar se-Asia Tenggara ini?

Semifinal leg pertama antara Timnas Indonesia vs Singapura berakhir imbang dengan skor 1-1, Rabu (22/12/2021) malam WIB.

Indonesia mampu unggul lebih dulu berkat gol Witan Sulaeman pada menit ke-28, kemudian bisa disamakan oleh Singapura via gol Ikhsan Fandi di menit ke-70.

Baca Juga:
Belum Juara, Pemain Timnas Thailand Sudah Dihadiahi Rolex, Hermes, Iphone

Gol dari Ikhsan Fandi sekaligus membuat dirinya masuk ke dalam 5 besar pencetak gol terbanyak di Piala AFF 2020 dengan koleksi 3 gol.

Jumlah gol Ikhsan Fandi sama dengan winger andalan Indonesia, Irfan Jaya. Di atas mereka, ada 3 pemain yang sama-sama sudah mencetak 4 gol.

Mereka adalah Safawi Rasid (Malaysia), Teerasil Dangda (Thailand), Bienvenido Maranon Marajon (Filipina).

Baca Juga:
Kontroversi, Wasit Indonesia Vs Singapura Pernah Dituduh Terima Suap

Dari ketiga nama tersebut, hanya Teerasil Dangda yang masih punya peluang menambah jumlah golnya karena Thailand lolos ke semifinal dan bakal menghadapi Vietnam dalam 2 leg.

Sedangkan Safawi Rasid dan Moreno sama-sama sudah tersingkir di fase grup. Itu artinya, Irfan Jaya dan Ikhsan Fandi juga masih punya peluang menambah jumlah gol mereka.

Selain Irfan Jaya, ada pula beberapa pemain Indonesia yang masih berpeluang menambah pundi golnya di Piala AFF 2020.

Baca Juga:
3 Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

Di antaranya ada Witan, Evan Dimas, dan Rachmat Irianto yang sama-sama sudah mengoleksi 2 gol di Piala AFF 2020.

Munculnya Irfan Jaya, Witan hingga Rachmat Irianto sebagai pencetak gol terbanyak di Indonesia juga menjadi bukti krisis striker yang dialami skud 'Merah Putih'.

Sejauh ini baru Ezra Walian saja yang mampu mencetak gol di Piala AFF 2020, itupun koleksi golnya belum juga bertambah hingga pertandingan terakhir.

Baca Juga:
3 Kontroversi Wasit di Laga Timnas Indonesia vs Singapura, Harusnya Penalti

Berikut daftar top skorer Piala AFF 2020:

-4 Gol - Safawi Rasid (Malaysia), Teerasil Dangda (Thailand), Bienvenido Maranon Marajon (Filipina)

-3 Gol - Irfan Jaya (Indonesia), Ikhsan Fandi (Singapura)

-2 Gol - Nguyen Cong Phuong (Vietnam), Evan Dimas (Indonesia), Rachmat Irianto (Indonesia), Witan Sulaeman (Indonesia), Amin Nazari (Filipina), Chan Vathanaka (Kamboja), Kogileswaran Raj (Malaysia), Htet Phyo Wai (Myanmar), Patrick Reichelt (Filipina), Supachok Sarachat (Thailand), Nguyen Quang Hai (Vietnam), Nguyen Tien Linh (Vietnam).

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More