Irwan Febri Rialdi
Aksi Witan Sulaeman saat pertandingan Singapura vs Timnas Indonesia dalam semifinal leg pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia gagal meraih hasil maksimal saat bertemu Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

Bertemu di National Stadium Singapore, Rabu (22/12/2021) malam WIB, Indonesia sebetulnya mampu unggul 1-0 lebih dulu lewat gol Witan Sulaeman pada menit ke-28.

Namun, kemenangan di depan mata itu melayang setelah Ikhsan Fandi mampu mencetak gol penyama kedudukan buat Singapura di menit ke-70.

Baca Juga:
3 Kontroversi Wasit di Laga Timnas Indonesia vs Singapura, Harusnya Penalti

Gol Ikhsan Fandi tersebut tidak lepas dari kesalahan para pemain Indonesia yang kemudian bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh Singapura. Umpan sodoran Faris Ramli mampu diselesaikan Ikhsan Fandi yang berdiri tak terkawal.

Hasil imbang 1-1 di akhir pertandingan bikin langkah Indonesia untuk melaju ke babak final Piala AFF 2020 menjadi tidak mudah.

Pasalnya, fase gugur Piala AFF tahun ini tidak memberlakukan aturan gol tandang karena turnamen berlangsung terpusat di Singapura untuk menghindari penyebaran virus corona.

Baca Juga:
Georgina Rodriguez Rayakan Momen Jadi Cover Majalah di Dalam Jet Pribadi

Dalam aturan yang sama, disebutkan bahwa tidak ada perpanjangan waktu pada pertandingan di leg pertama. Jika kedudukan masih imbang secara agregat pada leg kedua, baru akan diadakan babak tambahan waktu.

Syarat Indonesia Lolos ke Final

Secara matematis, Timnas Indonesia dan Singapura masih sama-sama berpeluang melaju ke final Piala AFF 2020. Syarat yang harus ditempuh kedua tim sama, yakni harus meraih kemenangan.

Baca Juga:
Idolakan Vanesha Prescilla, Pacar Pratama Arhan Ternyata Anak Semarang

Timnas Indonesia dan Singapura dijadwalkan melakoni leg kedua semifinal pada Sabtu (25/12) pukul 19:30 malam WIB.

Syarat pertama Indonesia bisa lolos ke final adalah meraih kemenangan di waktu normal. Jika unggul 1-0 saja, misalnya, hingga akhir pertandingan maka Indonesia lolos dengan agregat 2-1.

Syarat berikutnya Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 adalah meraih kemenangan di waktu tambahan. Jika agregat masih imbang hingga waktu normal rampung, maka laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Baca Juga:
Mengapa Timnas Filipina Dijuluki Anjing Jalanan? Ini Asal Usulnya

Perpanjangan waktu berlangsung dalam waktu 2x15 menit, itu artinya Indonesia masih punya peluang untuk mencetak gol dan meraih kemenangan.

Jika hasilnya masih sama kuat, penentuan tim yang akan melaju ke partai final lewat adu penalti. Dengan kondisi ini, Timnas Indonesia artinya punya tiga syarat untuk lolos ke final Piala AFF 2020 yaitu melalui waktu normal, perpanjangan waktu, dan adu penalti.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More