Rauhanda Riyantama
Suporter Indonesia mendukung timnas Indonesia U-16 saat melawan Iran U-16 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur Malaysia di Piala Asia U-16, Jumat, (21/9/2018) (AFC)

Bolatimes.com - Sebelum pertandingan semifinal Piala AFF 2020 antara Singapura vs Indonesia digelar, sempat terjadi kontroversi yang bikin publik sepak bola Tanah Air ramai perbincangkan.

Adalah peraturan yang dikeluarkan oleh Singapura selaku panitia penyelenggara Piala AFF 2020 sebagai pemicunya.

Singapura sempat dikabarkan melarang para suporter Indonesia yang datang ke National Stadium tidak boleh membawa atribut bendera Merah Putih.

Baca Juga:
Fakta Menarik Jelang Duel Singapura vs Indonesia di Semifinal Piala AFF

Melalui akun Facebook federasi sepak bola mereka, Singapura memperingatkan suporter tanah air untuk tidak membawa bendera ke Singapore National Stadium.

Penyebab Singapura memberlakukan aturan ini adalah karena Indonesia dinilai telah melakukan pelanggaran doping oleh Badan Anti Doping Dunia, WADA.

Pelanggaran ini membuat Indonesia tidak boleh mengibarkan bendera Merah Putih ataupun atribut yang beraromakan bendera di ajang internasional.

Baca Juga:
Profil Taufik Ramsyah, Kiper Tornado FC yang Meninggal usai Benturan Kepala

Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 4-1 pada laga Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. [Twitter resmi Piala AFF]

Larangan ini sudah diberlakukan Indonesia ketika tim bulu tangkis Indonesia tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih saat menjuarai Piala Thomas 2020.

Praktis aturan larangan suporter Indonesia membawa bendera atau atribut Merah Putih mengundang banyak reaksi.

Sebetulnya tak hanya Indonesia, Thailand juga mendapat sanksi yang sama dari WADA karena kasus ketidakpatuhan soal pelaporan doping.

Baca Juga:
Cara Unik Manajer Thailand Bikin Pemain Semangat Jelang Lawan Vietnam

Alhasil, suporter Thailand pun sempat melakukan protes dan berkomentar di sosial media mengenai larangan membawa bendera dan atribut negara mereka ke stadion.

Setelah ramai menjadi perbincangan di media sosial, panitia penyelenggara AFF 2020 akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi yang memperbolehkan suporter Indonesia dan Thailand membawa bendera dan atribut negara masing-masing ke dalam stadion.

Baca Juga:
Media Vietnam Sebut Indonesia Jadi Tim Terburuk di Semifinal Piala AFF 2020

Dari surat resmi yang diunggah oleh Septian Hartono untuk membalas tweet dari Ainur Rohman, disebutkan bahwa AFF sudah menghapuskan larangan fans membawa bendera Merah Putih ke dalam stadion.

Adapun, laga semifinal antara Timnas Indonesia dan Singapura bakal berlangsung dalam 2 leg. Pertemuan pertama dijadwalkan pada hari ini, Rabu (22/12/2021) pukul 19:30 malam WIB.

Sementara leg kedua antara Timnas Indonesia vs Singapura akan diselenggarakan pada Sabtu (25/12) pukul 19:30 malam WIB. Semua laga akan berlangsung di National Stadium Singapore.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More