Rauhanda Riyantama
Striker Rans Cilegon FC, Cristian Gonzales berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Badak Lampung dalam laga Grup B Liga 2 2021 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. [PT Liga Indonesia Baru]

Bolatimes.com - Sejumlah pemain asing di Indonesia banyak yang memutuskan untuk mualaf. Salah satu faktornya karena mereka sudah lama berkarier di Indonesia.

Adapun faktor lainnya, para pesepak bola tersebut menikah dengan wanita Indonesia. Seperti diketahui, Tanah Air memang mayoritas ditinggali oleh masyarakat yang memeluk agama Islam.

Berikut Bolatimes rangkum 5 pesepak bola asing yang memutuskan untuk menjadi mualaf. Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Singapura Diunggulkan karena Jadi Tuan Rumah, Begini Respons Shin Tae-yong

1. Cristian Gonzales

Striker Rans Cilegon FC, Cristian Gonzales. (Instagram/@rans.cilegonfc.official)

Gonzales memutuskan untuk menjadi mualaf pada 9 Oktober 2003. Keputusan ini lantaran ia mempersunting Eva Nurida Siregar. Cristian Gonzales pun memiliki nama Islam, yakni Mustafa Habibi. 

Karier Cristian Gonzales di dunia si kulit bundar belum terhenti, meski usianya sudah tak muda lagi. El Loco -julukan Cristian Gonzales- kini membela klub sepak bola milik Raffi Ahmad, yakni RANS Cilegon FC, yang mentas di Liga 2.

Baca Juga:
Viral Shin Tae-yong Bongkar 4 Kelemahan Malaysia, No 1 Soroti Dion Cools

2. Diego Michiels

Diego Michiels. (Sumber: Instagram/@diegomichiels24).

Diego adalah pesepak bola asal Belanda yang berkarier di sejumlah klub tanah air. Terkini, ia membela Arema FC di Liga 1.

Bicara soal mualaf, ia resmi memeluk agama Islam pada 7 Februari 2013. Nyatanya, Tak lama setelah menjadi mualaf, pemain kelahiran Deventer, Belanda, ini pun mengganti namanya menjadi Diego Muhammad bin Robbie Michiels.

Baca Juga:
Singapura Kenang Momen Manis saat Kalahkan Indonesia di Semifinal Piala AFF

3. Esteban Vizcarra

Pemain Persib Bandung, Esteban Vizcarra bakal diturunkan pelatih Robert Albert jelang menghadapi Kalteng Putra, Selasa (16/7/2019). [@este_vizcarra / Instagram]

Selanjutnya ada Esteban Vizcarra. Pemain asal Argentina ini menjadi mualaf pada 2015 atau 3 tahun setelah ia berkarier di Indonesia karena mempersunting wanita asal Bogor.

Seiring berjalannya waktu, Esteban Vizcarra mendapatkan status WNI pada 2018. Sayangnya, sejauh ini, dia baru mencatatkan satu penampilan bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Tak Gentar, Pelatih Singapura Optimis Hadapi Timnas Indonesia

4. Danilo Fernando

Danilo Fernando. (Sumber: Dok. extramadura).

Danilo Fernando. mantan gelandang Persik Kediri, era 200an mantap menjadi mualaf pada 24 Januari 2008. Sama seperti Esteban, ia mualaf lantaran mempersunting wanita asal Jawa Timur.

Terkait proses mualafnya ini, Danilo juga mengganti namanya. Kendati tak semua berubah yakni Muhammad Danilo Fernando.

5. Marcio Souza

Marcio Souza. (Twitter/@marciosouzaa10)

Masih ingat dengan Marcio Souza? Bomber asal Brasil ini pernag bermain untuk Persela Lamongan dan Semen Padang.

Namun, pada 2010, saat ia bermain di Semen Padang, ia memutuskan untuk menjadi mualaf. Sama seperti Danilo dan Vizcarra, lantaran ia mempersunting wanita asal Minang.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More