Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Selebrasi Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam ikut memberikan pujian kepada timnas Indoneisia di Piala AFF. Anak asuh Shin Tae-yong disebut sebagai tim yang tampil penuh kejutan.

Timnas Indonesia awalnya mendapatkan beberapa kritikan jelang Piala AFF 2020. Sebab, Shin Tae-yong disebut membawa pemain yang masih dan minim pengalaman.

Bukan hanya itu, performa skuat Garuda juga dipandang remeh oleh beberapa lawan. Evan Dimas cs juga tak dijagokan untuk lolos Grup B Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Nasib Apes Joshua Kimmich karena Tolak Vaksin, Kini Kena Masalah Paru-Paru

Hal tersebut wajar karena di Grup B Piala AFF 2020 berisi tim kuat seperti Vietnam dan Malaysia. Sisanya ada Kamboja serta Laos.

Meski demikian, para pemain timnas Indonesia membuktikan bahwa mereka kini tak bisa dipandang sebelah mata.

Bertemu Kamboja dan Laos di dua laga pertama Piala AFF 2020, timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan tanpa kendala. Ujian terberat memang ada di dua pertandingan melawan Vietnam.

Baca Juga:
Maria Ferrieri Caputi, Wasit Wanita Pertama yang Pimpin Laga Klub Serie A

Nah, ketika menghadapi Vietnam, Shin Tae-yong menerapkan strategi bertahan. Di sisi lain tim asuhan Park Hang-seo terus menggempur lini pertahanan tim Garuda.

Alhasil tak ada gol yang terjadi alam pertandingan Indonesia melawan Vietnam. Skor imbang 0-0 menjadi poin plus bagi timnas Indonesia.

Timnas Indonesia mengalahkan Malaysia 4-1 pada laga Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. [Twitter resmi Piala AFF]

Di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020, timnas Indonesia akhirnya menyingkirkan musuh bebuyutan Malaysia. Meski sempat tertinggal satu gol, pasukan Merah Putih mampu berbalik unggul 4-1 dari tim Harimau Malaya.

Baca Juga:
Dejan Antonic Resmi Berpisah dengan PSS, Fans Ucapkan Rasa Syukur

Atas performa timnas Indonesia dan racikan Shin Tae-yong yang selalu berubah, Evan Dimas cs disebut sebagai tim yang paling mengejutkan di Piala AFF 2020 oleh media Vietnam, Soha.

"Indonesia adalah tim yang paling banyak membuat kejutan di Piala AFF 2020, terutama setelah menang 4-1 dari Malaysia. Bangkitnya Indonesia membuat turnamen tahun ini lebih dramatis dan tak terduga," tulis Soha yang dilansir pada Senin (20/12/2021).

Adapun timnas Indonesia akan berjumpa dengan Singapura di babak semifinal. Laga itu akan berlangsung dua leg yang dijadwalkan pada 22 Desember dan 25 Desember mendatang.

Baca Juga:
Selain Sergio Aguero, Ini 10 Pemain Top yang Gantung Sepatu Terlalu Dini

Load More