Irwan Febri Rialdi
Maria Ferrieri Caputi, Wasit Wanita Pertama yang Pimpin Laga Klub Serie A. (Dok. lookcharms)

Bolatimes.com - Sebuah sejarah dicatatkan oleh sosok wanita bernama Maria Sole Ferrieri Caputi di jagat sepak bola Italia.

Sosok berusia 31 tahun tersebut tercatat sebagai wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan antara tim pria Serie A.

Momen bersejarah ini terjadi saat Ferrieri memimpin pertandingan antara Cagliari vs Cittadella di babak 32 besar Coppa Italia, Kamis (16/12/2021) dini hari WIB.

Ini merupakan catatan yang membanggakan karena wasit wanita lainnya, Maria Marotta, hanya diberi kesempatan memimpin pertandingan dari klub Serie B.

Marotta dan Ferrieri merupakan dua dari 4 wasit wanita asal Italia yang memiliki lisensi memimpin pertandingan profesional di level sepak bola pria.

Meski begitu, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) tidak terlalu terburu-buru mempercayakan pertandingan ke semua wasit wanita ini.

Ferreira yang sehari-harinya bekerja sebagai peneliti di Fondazione Adapt merupakan salah satu wasit wanita Italia yang mendapat kepercayaan tersebut.

Dia berasal dari Livorno dan saat ini juga mengajar di University of Bergamo. Debutnya sebagai pengadil lapangan terjadi pada 17 Oktober 2021 di laga antara Cittadella vs SPAL.

Menurut catatan Transfermarkt, di musim 2021/22 ini Ferrieri sudah memimpin 8 pertandingan di berbagai level.

Dengan kesempatan memimpin pertandingan Coppa Italia yang tim Serie A, peluang Ferrieri memimpin pertandingan lebih bergengsi terbuka sangat luas.

Bukan tidak mungkin, dia mengikuti jejak Stephanie Frappart dari Prancis, yang memiliki kesempatan memimpin Ligue 1 dan kompetisi Eropa.

Kepada La Gazzetta dello Sport, Maria Sole Ferrieri Caputi sempat mengungkapkan bahwa dirinya memang menyukai sepak bola dan sudah terjun ke dunia wasit sejak 2007.

"Saya selalu menyukai sepak bola dan saya sudah mulai menjadi wasit saat masih sangat muda, yaitu saat tahun 2007," katanya.

Kecintaan Maria Sole Ferrieri Caputi kepada sepak bola didapatkannya dari sang ayah. Dia juga merupakan penggemar dari legenda Italia, Roberto Baggio.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More