Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Dok. Zing.vn).

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, maklum dengan Timnas Indonesia yang bertahan total menghadapi timnya. Park tak ingin mengkritik strategi Shin Tae-yong.

Diunggulkan menang, Timnas Vietnam hanya bisa main imbang nirgol lawan Timnas Indonesia pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) malam WIB.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong memang enumpuk banyak pemain di area pertahanan. Sepanjang pertandingan, Vietnam praktis jauh lebih dominan dengan penguasaaan bola mencapai 70 persen, dan di sisi lain Indonesia sama sekali tak mencatatkan tendangkan ke gawang lawan. 

Park mengakui, permainan pragmatis dengan skema parkir bus merupakan hal yang wajar dilakukan tim di seluruh dunia. Menurutnya, skema itu diterapkan jika lawan yang dihadapi merupakan tim tangguh.

"Saya kira bukan hal yang tepat untuk menilai taktik permainan tim lawan. Vietnam juga terkadang bermain bertahan jika lawan yang kami hadapi lebih kuat. Itu lumrah saja dalam sepakbola dan seharusnya memang begitu," ucap Park seperti dikutip dari laman resmi Piala AFF 2020, Kamis (16/12/2021).

"Pemain sudah tampil bagus dan bekerja keras di pertandingan ini. Tentu saja akan lebih bagus kalau kami bisa mencetak gol. Faktanya kami tidak bisa mencetak gol, tapi itu bukan masalah besar," tukas pelatih asal Korea Selatan itu santai.

Hasil imbang melawan Indonesia membuat Vietnam masih menduduki peringkat dua klasemen sementara Grup B dengan raihan 7 poin. Meski mengoleksi poin yang sama dengan Indonesia, Vietnam kalah selisih gol.

Situasi tersebut membuat pertandingan terakhir Grup B, Minggu (19/12/2021) bakal berlangsung panas ketat karena tiga tim masih mempunyai peluang untuk lolos ke semifinal. Malaysia yang kini berada di peringkat tiga telah mengumpulkan 6 poin.

Bagi Vietnam, mereka dalam posisi diuntungkan karena hanya akan menghadapi Kamboja yang sudah dipastikan gagal melaju ke fase gugur Piala AFF 2020.

Sementara itu, Indonesia dan Malaysia bakal saling bunuh demi mendapatkan tiket semifinal.

(Suara.com/Rully Fauzi)

Load More