Irwan Febri Rialdi
Potret pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan berjumpa Laos di laga kedua grup B Piala AFF 2020. Untuk itu mari melihat bagaimana rekor pertemuan dari kedua negara tersebut.

Indonesia akan melanjutkan usahanya untuk meraih prestasi di Piala AFF 2020 ini saat berjumpa Laos di laga kedua grup B, Minggu (12/12/21).

Pasukan Shin Tae-yong punya misi menyapu bersih laga grup B dengan kemenangan untuk mempermulus langkah ke semifinal Piala AFF 2020.

Baca Juga:
3 Bintang Laos yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia, Ada Striker Ligue 1

Karenanya, Indonesia diyakini akan tampil dengan kekuatan terbaiknya guna meraih kemenangan saat bertemu Laos nanti.

Dalam pertemuan ini, Indonesia tengah dalam kepercayaan diri tinggi menyusul kemenangan yang didapat pada laga pertama kala menghadapi Kamboja.

Sebaliknya, Laos harus mengawali kampanyenya di Piala AFF 2020 dengan menelan kekalahan saat bersua Vietnam dengan skor 0-2.

Baca Juga:
Krisis Pemain, Pelatih Malaysia Sesumbar Permalukan Vietnam

Selain memiliki modal berharga berupa kemenangan di laga perdana Piala AFF 2020, Indonesia nyatanya juga punya modal mumpuni berupa rekor pertemuan jelang bersua Laos.

Indonesia tercatat punya rekor apik saat berhadapan dengan Laos di ajang berformat turnamen seperti Piala AFF maupun turnamen lainnya.

Dilansir dari laman 11v11, Indonesia telah bertemu Laos sebanyak 9 kali di ajang bersifat turnamen dengan catatan 8 kemenangan dan 1 kali imbang.

Baca Juga:
Performa Chelsea Melempem, Thomas Tuchel Haus Kemenangan

Hebatnya lagi, 3 dari 8 kemenangan itu didapatkan dengan skor besar yakni dengan selisih empat gol atau lebih. Ketiga laga dengan kemenangan besar ini semuanya didapat di ajang Piala AFF.

Berikut catatan pertemuan Indonesia dengan Laos di berbagai turnamen.

1. Indonesia 3 – 0 Laos (26 November 1969)

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia vs Laos, Evan Dimas Pantang Remehkan Rival

Pertemuan pertama Indonesia dan Laos di sebuah turnamen terjadi pada tahun 1969 silam di ajang Kings Cup atau Piala Raja Thailand.

Saat itu, Indonesia menang 3-0 atas Laos lewat gol Iswadi Idris di menit ke-4 dan Brace Soetjipto Soentoro di menit ke-17 dan ke-82.

2. Indonesia 5 – 1 Laos (7 Juni 1972)

Pertemuan kedua Indonesia dan Laos di ajang turnamen terjadi pada 7 Juni 1972 saat berpartisipasi di ajang Jakarta Trophy atau Turnamen HUT Kota Jakarta.

Pada ajang tersebut, Indonesia menggasak Laos dengan skor 5-1 lewat dua gol Iswadi Idris dan dua gol Abdul Kadir, ditambah satu gol dari Risdianto.

3. Laos 1 – 5 Indonesia (2 September 1996)

Pertemuan pertama Indonesia dan Laos di ajang Piala AFF (dulunya bernama Piala Tiger) terjadi pada 1996 di mana skuat Garuda mampu meraih kemenangan 5-1 atas Thim Xhad.

Indonesia mampu mencetak lima gol lewat sumbangsih Fakhri Husaini, Eri Irianto, Kurniawan Dwi Yulianto, Robby Darwis, dan Peri Sandria.

4. Laos 2 – 5 Indonesia (5 Oktober 1997)

Indonesia juga bertemu Laos di SEA Games 1997 yang berlangsung di Jakarta. Di laga itu, tim Merah Putih menang dengan skor 5-2.

Lima gol Indonesia itu diciptakan lewat Brace Robby Darwis dan Brace Widodo C Putro serta satu gol tambahan dari Ansyari Lubis.

5. Indonesia 6 – 0 Laos (9 Desember 2004)

Untuk kedua kalinya, Indonesia bersua Laos di Piala AFF, tepatnya di tahun 2004. Lagi-lagi skuat Garuda menang dengan skor meyakinkan 6-0.

6 gol itu dicetak masing-masing oleh Brace Boaz Solossa dan satu gol yang diciptakan Ilham Jaya Kesuma, Kurniawan Dwi Yulianto, serta Elie Aiboy.

6. Indonesia 3 – 1 Laos (17 Januari 2007)

Masih di ajang Piala AFF tepatnya di tahun 2007, Indonesia mampu menumbangkan Laos dengan skor 3-1. Tiga gol Indonesia dibuat oleh Atep dengan 2 gol dan satu gol dari Saktiawan Sinaga.

7. Indonesia 6 – 0 Laos (4 Desember 2010)

Untuk kali ketiga, Indonesia bertemu Laos di ajang Piala AFF 2010. Skuat Garuda arahan Alfred Rield mampu menggasak Thim Xhad dengan skor 6-0.

Enam gol Indonesia tersebut dibuat oleh Firman Utina dengan dua gol dan disusul satu gol masing-masing oleh M.Ridwan, Irfan Bachdim, Arif Suyono, dan Okto Maniani.

8. Indonesia 2 – 2 Laos (25 November 2012)

Untuk kali pertama Indonesia harus puas bermain imbang dengan Laos. Hal tersebut terjadi di Piala AFF 2012 yang berkesudahan 2-2.

Dalam laga itu, Indonesia mencetak gol lewat Raphael Maitimo dan Vendry Mofu yang bisa dibalas Khampeng Sayavutthi dan Keoviengphet Liththideth.

9. Indonesia 5 – 1 Laos (28 November 2014)

Pertemuan terakhir Indonesia dan Laos di ajang Piala AFF terjadi pada 2014. Kala itu, tim Merah Putih menang dengan skor 5-1.

Lima gol Indonesia dicetak oleh Brace Ramdani Lestaluhu dan satu gol Evan Dimas serta Zulham Zamrun yang diikuti gol bunuh diri Ketsada Souksavanh.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More