Irwan Febri Rialdi
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, usai menjebol gawang Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses mengalahkan Kamboja dalam pertandingan perdana Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021). Namun, di babak kedua, permainan skuat Garuda tuai kritikan tajam.

Indonesia unggul 3-1 di babak pertama atas Kamboja. Gol Indonesia dilesakkan oleh Rachmat Irianto ketika laga baru berjalan empat menit. Disusul Evan Dimas (17′) dan Irianto lagi (33′). Kemudian, Kamboja memperkecil kedudukan via Yue Safy (37′).

Permainan Evan Dimas cs di babak pertama juga cukup apik dengan pressing atas yang ketat di setengah lapangan lapangan. Skuat Garuda pun unggul penguasaan bola.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Puji Kualitas Evan Dimas saat Indonesia Kalahkan Kamboja

Potret pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Di babak kedua, Timnas Indonesiakembali menambah keunggulan menjadi 4-1 saat laga berjalan sembilan menit via sepakan keras Ramai Rumakiek. Namun, setelah gol itu, bukannya jalannya pertandingan semakin mudah, skuat Garuda justru tertekan.

Ezra Walian dan kolega dipaksa bertahan di setengah lapangan pertandingan oleh Kamboja. Para pemain juga kerap salah umpan hingga akhirnya bola kerap dikuasai anak asuh Ryu Hirose.

Namun, apakah permainan buruk di babak kedua bagian strategi dari Shin Tae-yong? Sebab, diam-diam Park Hang-seo selaku pelatih Timnas Vietnam datang ke stadion untuk memata-matai skuat Garuda.

Baca Juga:
Jadi Pemain Terbaik Laga Indonesia vs Kamboja, Ricky Kambuaya Belum Puas

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo menonton laga Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Kamboja di Bishan Stadium, Singapura. Kamis (9/12/2021). (Dok. Thethao)

Belajar dari pengalaman, Park Hang-seo dulu sempat memata-matai laga Indonesia vs Thailand pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab (UEA).

Dikarena Timnas Indonesia tampil dengan disiplin dan permainan terbaik, gaya bermain skuat Garuda terbaca melalui analisis Park Hang-seo dan akhirnya dibantai 4-0 ketika bersua Vietnam.

Namun, Shin Tae-yong sudah menjelaskan bahwa permainan buruk Timnas Indonesia di babak kedua dikarenakan pemain meremehkan Kamboja. Sehingga, dugaan itu sebagai bagian dari strategi cukup mustahil.

Baca Juga:
Pertemuan di Piala Menpora Jadi Kunci Persebaya Hajar Persib 3-0

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Rabu (15/12/2021). Sebelum itu, skuat Garuda akan melawan Laos terlebih dahulu, Minggu (12/12/2021).

Load More