Irwan Febri Rialdi
Kapten Timnas Kamboja, Tes Sambath. (Dok. FFC)

Bolatimes.com - Tes Sambath menjadi salah satu pemain muda timnas Kamboja yang cukup menyulitkan para pemain timnas Indonesia ketika berjumpa pada laga penyisihan Grup A Piala AFF 2020.

Sebagai informasi, Tes Sambath adalah salah satu pemain muda yang kini menjadi andalan timnas Kamboja di Piala AFF 2020.

Selain Tes Sambath, pelatih timnas Kamboja, Ryu Hirose, juga menurunkan pemain-pemain muda lainnya seperti Choun Chanchav, Nhean Sosidan, Yue Safy, Lim Pisoth, dan Min Ratanak.

Baca Juga:
Tekuk Atalanta, Villarreal Tim Terakhir yang Lolos 16 Besar Liga Champions

Yang menarik, Tes Sambath sudah dipercaya tim pelatih untuk memimpin Pasukan Angkor kendati usianya masih berusia muda.

Dia juga terhitung minim pengalaman di laga internasional. Namun, hal ini diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi mereka untuk terus berkembang.

Profil Tes Sambath

Baca Juga:
Moncer Cetak Hattrick di Piala AFF 2020, Safawi Rasid Tak Merasa Superstar

Tes Sambath merupakan salah satu pemain muda yang mendapat kepercayaan dari pelatih timnas Kamboja, Ryu Hirose, untuk tampil di ajang Piala AFF 2020.

Sebagai informasi, Tes Sambath merupakan pesepak bola muda berusia kelahiran 20 Oktober 2000, yang baru mengumpulkan tujuh caps bersama timnas Kamboja.

Meski baru berusia 21 tahun, tetapi pemain yang kini memperkuat klub Liga Kamboja, Visakha FC, itu sudah dipercaya menjadi kapten tim.

Baca Juga:
Bantai Laos 4-0, Kemenangan Timnas Malaysia Diiringi Kabar Buruk

Pemain kelahiran Takeo, Kamboja, ini sebelumnya tercatat menimba ilmu bersama Bati Academy sejak berusia 14 tahun, mulai dari tahun 2014 hingga 2018.

Setelah itu, dia direkrut klub profesional, Boeung Ket pada 2018. Setelah tiga musim bermain di sana, Sambath memilih bergabung dengan Visakha pada awal musim 2021.

Sebelum bermain bersama timnas senior, Tes Sambath lebih dahulu memperkuat timnas Kamboja U-22.

Baca Juga:
Momen Pelatih Vietnam Tonton Laga Timnas Indonesia vs Kamboja, Takut Kalah?

Setelah itu, namanya muncul dalam daftar 24 pemain yang dipanggil Federasi Sepak Bola Kamboja yang mempersiapkan tim untuk tampil pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Saat itu, dia sukses mencuri perhatian Ryu Hirose setelah mengantarkan Boeung Ket FC menjuarai Liga Kamboja. Selain Tes Sambath, pemain Boeung Ket yang saat itu juga dipanggil ialah Hul Kimhuy, Sieng Canthea, Sath Rosib, dan Mat Noron.

Sejauh ini, Tes Sambath telah mencatatkan lima pertandingan bersama timnas Kamboja di kalender FIFA.
Tiga di antaranya tercipta ketika bermain melawan Bahrain, Irak, dan Iran, pada laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Sementara itu, dua laga lain tercatat ketika Kamboja menang dua kali atas Guam pada laga play-off Piala Asia 2023.

Selain lima laga yang tercantum dalam kalender FIFA itu, ia juga mencatat dua penampilan bersama Pasukan Angkor di ajang Piala AFF 2020.
Dua laga yang dimaksud ialah ketika skuad asuhan Ryu Hirose berjumpa Malaysia dan Indonesia pada laga penyisihan Grup A Piala AFF 2020.

Kini, secara keseluruhan, kapten timnas Kamboja yang baru berusia 21 tahun itu telah mencatatkan tujuh caps bersama Pasukan Angkor

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More