Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers virtual jelang bergulirnya Piala AFF 2020, Sabtu (4/12/2021) (tangkapan layar zoom Piala AFF 2020)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui pertahanan skuat Garuda buruk pada laga kontra Kamboja di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB. Namun, ia meyakini akan membaik di laga selanjutnya.

Dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta setelah pertandingan, Shin menyebut bahwa saat ini bek-beknya masih beradaptasi dengan turnamen karena beberapa pemain belum pernah tampil di Piala AFF.

Kemudian, ada beberapa nama yang baru bergabung dengan skuad langsung di Singapura seperti Rizky Ridho dan Rizky Dwi. Mereka tidak ikut pemusatan latihan (TC) di Turki pada November 2021 dan, oleh karena itu, perlu waktu untuk membiasakan diri.

Baca Juga:
Ada West Ham United, Daftar 16 Tim yang Lolos ke 16 Besar Liga Europa

Selain itu, timnas Indonesia juga masih memiliki sosok bek tengah bertinggi badan 1,94 meter Elkan Baggott. Elkan, yang sudah berada di Singapura, belum diturunkan saat berhadapan kontra Kamboja.

"Kami akan memperbaiki masalah pertahanan ini termasuk fokus pemain saat berlaga," tutur Shin.

Namun, terlepas dari faktor teknis, ada hal lain yang disebut Shin menjadi alasan di balik menurunnya performa skuad "Garuda" khususnya pada babak kedua versus Kamboja dan itu adalah cuaca.

Baca Juga:
Tampil di Liga Konferensi, Rodgers: Saya Bahkan Tak Tahu itu Kompetisi Apa

Cuaca di Singapura, kata juru taktik asal Korea Selatan itu, lebih panas dibandingkan Turki, tempat mereka melewatkan pemusatan latihan persiapan Piala AFF 2020 selama lebih dari dua minggu.

"Cuaca panas membuat kondisi pemain menurun. Akan tetapi, saya percaya tim ini akan lebih baik ke depan," tutur Shin.

Tim nasional Indonesia meraih kemenangan perdana di Piala AFF 2020 setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 4-2 pada laga pertamanya di Grup B yang digelar di Stadion Bishan, Singapura, Kamis malam.

Baca Juga:
Hasil Liga Eropa Semalam: Villarreal Bungkam Atalanta, AS Roma Menang

Dua gol Indonesia dilesakkan oleh Rachmat Irianto dan sisanya dibuat Evan Dimas serta Ramai Rumakiek. Sementara Kamboja memperkecil kedudukan melalui Yue Safy dan Prak Mony Udom.

Hasil tersebut membuat Indonesia, yang tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Piala AFF 2020, bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan tiga poin.

Malaysia berada di peringkat pertama dengan enam poin dari dua laga. Setelah itu berturut-turut ada Vietnam di posisi ketiga, lalu Kamboja dan Laos.

Baca Juga:
Timnas Malaysia Bantai Laos, Pemain Temuan Rahmad Darmawan Cetak Hattrick

Berikutnya di Grup B Piala AFF 2020, Indonesia berhadapan dengan Laos pada Minggu (12/12/2021).

(Antara)

Load More