Husna Rahmayunita
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai berhasil membobol gawang Thailand di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana di Piala AFF 2020 dengan melawan Kamboja. Pertandingan Grup B , Timnas Indonesia vs Kamboja bakal tersaji pada Kamis (9/12/2021) pukul 19:30 WIB.

Pada laga perdana Kamboja tak mendapat hasil bagus usai ditumbangkan Malaysia. Skuad arahan Ryu Hirose itu kalah dengan skor 1-3.

Meski kalah, Hirose mengaku tak kecewa dengan penampilan para pemainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa pola permainan yang dirancang Hirose tetap bisa berjalan sesuai keinginan.

Baca Juga:
Respons Shin Tae-yong Bungkam Kritik soal Pemain Indonesia Minim Pengalaman

Indonesia sendiri secara historis pertemuan dengan Kamboja terbilang unggul, tetapi Evan Dimas dan kolega mesti mewaspadai beberapa hal dari Kamboja.

1. Penguasaan Bola

Salah satu kemajuan permainan dari Kamboja yang terlihat di laga melawan Malaysia adalah keberanian mereka dalam menguasai bola lebih lama.

Baca Juga:
Tajir hingga Dijuluki Sultan, Raffi Ahmad Dapat Ratusan Juta Sekali Endorse

Secara umum, Kamboja bahkan menguasai jalannya permainan karena menurut statistik mereka memegang 57% penguasaan bola berbanding 43% milik Malaysia.

Kondisi ini jelas bisa menjadi ancaman jika Indonesia tidak bisa memutus aliran bola Kamboja. Semakin lama para pemain lawan menguasai bola maka mereka akan memiliki banyak opsi dalam menyerang.

2. Shot On Target Tak Terduga

Baca Juga:
2 Kontroversi Jelang Laga Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2020

Keberhasilan Kamboja dalam menguasai bola bisa dilihat dari kemampuan mereka dalam menyerang. Hal ini terlihat dari statistik laga di mana Kamboja mampu melepas 14 tendangan berbanding 17 milik Malaysia.

Semakin tak terduga karena 6 tendangan di antaranya dilepaskan Kamboja tepat mengarah ke gawang Malaysia. Ini menjadi indikasi bahwa Kamboja tak kekurangan peluang untuk mencetak gol.

3. Faktor Keisuke Honda

Baca Juga:
Hadapi Kamboja, Asnawi Mangkualam: Timnas Indonesia Harus Bermental Juara

Semenjak kedatangan Keisuke Honda sebagai manajer Timnas Kamboja pada November 2018, permainan Kamboja bisa dibilang mengalami peningkatan.

Terlebih kini Honda juga didukung oleh sesama sosok asal Jepang di kursi pelatih kepala. Kombinasi ini bisa membuat Kamboja tak lagi menjadi inferior di hadapan Timnas Indonesia dan negara-negara kuat lain di Asia Tenggara.

Itulah sejumlah hal yang patut diwaspadai Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More