Rauhanda Riyantama
Gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (kedua dari kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Taiwan dalam laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam WIB. [PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan memulai petualangannya di Piala AFF 2020 dengan melawan Kamboja hari ini, Kamis (9/12/2021) malam WIB. Pertandingan tersebut akan digelar di Bishan Stadium, Singapura.

Pertandingan yang cukup penting dimenangkan oleh Timnas Indonesia. Kemenangan akan membuat rasa percaya diri Evan Dimas dan kawan-kawan meningkat untuk menatap laga-laga selanjutnya.

Di atas kertas,  Timnas Indonesia juga cukup unggul. Dari 11 pertemuan terakhir, Kamboja belum sekalipun bisa mengalahkan Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Jadwal Piala AFF 2020 Hari Ini: Laga Perdana Indonesia Vs Kamboja

Tidak adanya Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri dirasa tidak berpengaruh besar dengan kekuatan Timnas Indonesia saat bersua Kamboja. Hanya saja tim Merah Putih tidak boleh lengah lantaran Kamboja dalam beberapa tahun terakhir cukup meningkat.

Shin Tae-yong menjewer satu pemain timnas Indonesia. (YouTube/PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah mengantongi kekuatan Kamboja. Juru formasi asal Korea Selatan itu cukup pede anak asuhannya bisa mengalahkan Kamboja.

"Kami sudah persiapkan dengan baik, tonton dua laga langsung, kami rasa bisa menang jika main sesuai keinginan saya. Apa yang saya minta, permainan yang selama latihan bisa diterapkan besok," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Gara-gara Anjing, Jose Mourinho Sampai Berani Menantang Polisi

Bagi Kamboja partai melawan Indonesia adalah laga kedua mereka di Grup B. Sebelumnya, tim asuhan Ryu Hirose menelan kekalahan 1-3 dari Malaysia di laga pertama.

Dari situ Shin Tae-yong punya gambaran peta kekuatan Kamboja. Ia menganggap Kamboja adalah lawan yang bisa dikalahkan dengan kerja keras di atas lapangan.

"Mungkin banyak yang berpikir kamboja itu baik dalam permainan bola kemarin, untuk itu kami akan mempersiapkan, dan akan lebih keras bermain agar kita bisa dapat kemenangan," tambahnya.

Baca Juga:
Kompak Pamer Perut Berotot, Andrea Dian dan Suami Panen Pujian

Striker Timnas Indonesia Ezra Walian (kiri) berebut bola dengan pemain Afghanistan pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021). (Antara /Michael Siahaan/aa)

Menatap laga ini Timnas Indonesia juga sedikit diuntungkan. Pasalnya, Kamboja hanya punya waktu dua hari untuk kembali mempersiapkan tim setelah menghadapi Malaysia senin lalu.

Perkiraan Susunan

Timnas Indonesia (4-1-4-1); Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam Bahar, Victor Igbonefo, Fachrudin Aryanto, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Witan Sulaeman, Evan Dimas Darmono, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Ezra Walian

Baca Juga:
Singgung Brasil, Pelatih Kamboja Bicara Muluk Jelang Lawan Timnas Indonesia

Pelatih: Shin Tae-yong

Kamboja (4-3-3); Keo Soksela; Saret Krya, Soeuy Visal, Tes Sambath, Sath Rosib; Kouch Sokumpheak, Seo Suhana, Orn Champolin; Lim Pisoth, Sieng Chanthea, Chan Vathanaka

Pelatih; Ryu Hirose

Load More