Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-18, Shin Tae-yong. (dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Shin Tae-yong optimis Timnas Indonesia mampu tampil apik di Piala AFF 2020 meski diragukan lolos babak fase grup.

Sejauh ini, Vietnam dan Malaysia diyakini berjaya di Piala AFF 2020 lantaran rekam jejak kedua tim yang pernah menyabet gelar juara.

Vietnam merupakan juara bertahan Piala AFF dan kini menempati posisi teratas di di Asia Tenggara berdasar ranking FIFA. Sedangkan Malaysia menyandang kampiun Piala AFF 2010.

Baca Juga:
Bisa Istirahat, Ginting Ambil Sisi Positif Tidak Tampil di Kejuaraan Dunia

Sementara pencapaian tertinggi Indonesia di Piala AFF adalah peringkat kedua (runner up) yang diraih sebanyak lima kali, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Meski Timnas Indonesia disebut kalah dari Vietnam dan Malaysia, Shin Tae-yong santai. Ia yakin Skuad Garuda berpeluang menjadi juara.

"Banyak yang berpikir Vietnam dan Malaysia yang akan lolos dari grup. Namun, bola itu bundar. Kita bisa melihat sepak bola Indonesia banyak berubah dan terus berkembang. Saya selalu yakin dengan tim," tutur Shin Tae-yong seperti dikutip dari Antara, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga:
Ogah Disalahkan, Menpora Tegaskan Tak Ikut Campur atas Keputusan PBSI

Apalagi, ia menyembut, performa Timnas Indonesia semakin meningkat. salah satu perubahan signifikan di timnas Indonesia, menurutnya ialah soal mentalitas bertanding.

"Saya sangat bahagia untuk itu dan yakin bisa mendapatkan prestasi terbaik," sambungnya.

Pun saat disinggung mengenai Piala AFF perdana baginya, juru taktik asal Korea Selatan itu memastikan kalau dirinya percaya diri.

Baca Juga:
Persib Bandung Kena Bantai, 3 Pelatih Ini Cocok Gantikan Robert Alberts

"Saya tidak grogi sama sekali. Saya yakin pemain-pemain Indonesia bisa melakukan yang terbaik," pungkas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Grup B Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja, Kamis (9/12/2021) di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12).

Baca Juga:
5 Pemain Paling Senior Timnas Kamboja yang Wajib Diantisipasi Indonesia

Load More