Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono saat melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain dengan jam terbang tinggi dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk tampil di ajang Piala AFF 2020.
Setidaknya, ada dua pemain di skuad timnas Indonesia saat ini yang menjadi sosok yang paling sering dipanggil memperkuat timnas Indonesia.

Bahkan, pemain-pemain yang telah memiliki jam terbang tinggi di ajang internasional ini juga memegang catatan sebagai pemain paling banyak yang mencatatkan penampilan bersama timnas Indonesia.

Pemain-pemain ini diharapkan mampu memberikan keseimbangan di skuad Merah Putih yang didominasi oleh pemain-pemain muda.

Baca Juga:
Respons Kecewa BWF usai Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021

Selain dua nama pemain yang ada di skuad timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 ini, masih ada beberapa nama pemain yang memegang catatan tinggi perihal caps timnas Indonesia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima pemain yang mencatatkan caps paling banyak bersama timnas Indonesia.

1. Zulfiandi

Baca Juga:
Timnas Filipina Dipastikan Tanpa Wonderkid Berdarah Ghana di Piala AFF 2020

Pemain Timnas Indonesia, Zulfiandi saat melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)

Gelandang Madura United, Zulfiandi, sempat menjadi andalan untuk mengisi sektor lini tengah timnas Indonesia.

Pemain berusia 26 tahun itu merupakan sosok yang penting saat timnas Indonesia masih berada di bawah asuhan pelatih Luis Milla.

Akan tetapi, kini Zulfiandi telah tersingkir. Namun, dilansir dari soccerway, catatan penampilannya bersama timnas Indonesia sudah mencapai 10 laga.

Baca Juga:
Pelatih Kamboja Tak Remehkan Timnas Indonesia Meski Tanpa Egy dan Elkan

2. Febri Hariyadi

Pemain Timnas Indonesia, Febri Hariyadi (@febrihariyadi13/Instagram)

Penyerang sayap asal Persib Bandung, Febri Hariyadi, masih menjadi salah satu pemain yang mencatatkan penampilan terbanyak bersama timnas Indonesia.

Sejauh ini, catatan Soccerway menunjukkan bahwa Febri Hariyadi telah menorehkan 14 penampilan bersama skuad Merah Putih.

Namun, saat ini Febri Hariyadi tidak menjadi pemain yang difavoritkan oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebab, ia tak masuk dalam skuad Piala AFF 2020.

3. Evan Dimas Darmono

Pemain timnas Indonesia Evan Dimas (tengah) menggiring bola dibayangi pemain timnas Timor Leste Joao Pedro Da Silva Freitas (kiri) dan Armindo Correia De Almeida dalam pertandingan penyisihan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sejauh ini, salah satu pemain yang sudah mencatatkan penampilan terbanyak di skuad timnas Indonesia ialah Evan Dimas Darmono.

Pasalnya, gelandang berusia 25 tahun itu sudah mengumpulkan 25 pertandingan bersama skuad Merah Putih.

Hal ini tak terlepas dari kemampuan Evan yang sudah menonjol sejak usia muda. Dia juga tercatat telah tampil di tiga ajang Piala AFF yang berbeda, yakni edisi 2014, 2016, dan 2018.

Dengan demikian, kejuaraan Piala AFF 2020 bakal menjadi edisi keempat bagi kapten timnas Indonesia tersebut.

4. Irfan Bachdim

Striker Timnas Indonesia, Irfan Bachdim. (Dok. PSSI).

Irfan Bachdim memang kini sudah berangsur menua. Namun, dia memegang rekor sebagai salah satu pemain yang paling banyak mencatatkan penampilan bersama timnas Indonesia.

Pemain keturunan Indonesia-Belanda itu telah memperkuat timnas Indonesia sejak tahun 2010. Dia juga jadi andalan ketika skuad Garuda tampil pada Piala AFF 2010.

Sejauh ini, pemain Persis Solo itu telah mencatatkan 27 penampilan bersama timnas Indonesia di berbagai ajang.

5. Fachruddin Aryanto

Bek Madura United, Fachruddin Aryanto. [@fachruddinjt / Instagram]

Fachruddin Aryanto menjadi pemain yang paling banyak mengumpulkan caps bersama timnas Indonesia.

Sejak tahun 2011, bek tengah asal Klaten, Jawa Tengah, itu sudah menjadi andalan di jantung pertahanan timnas Indonesia.

Dari catatan Soccerway, pemain Madura United itu sudah mengumpulkan 29 penampilan bersama skuad Merah Putih.

Fachruddin memang menjadi salah satu bek yang mumpuni. Bahkan, saat ini pelatih Shin Tae-yong masih mempercayakan sektor pertahanan kepada bek berusia 31 tahun tersebut.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More