Rauhanda Riyantama
Winger Persis Solo, Rifaldi Bawuo melewati adangan dua pemain PSIM Yogyakarta dalam lanjutan Liga 2 Grup C di Stadion Manahan, Selasa (12/10/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Bolatimes.com - Jelang bertarung di babak 8 besar Liga 2 2021, Persis Solo dihantui catatan buruk. Tim milik Kaesang Pangarep itu dalam dua edisi selama satu dekade lalu tak pernah tembuh ke semifinal.

Persis Solo kembali lolos ke babak 8 besar Liga 2 2021 setelah menjadi juara Grup C di babak penyisihan. Pada edisi kali ini, skuad asuhan Eko Purdjianto tergabung di Grup X bersama Sriwijaya FC, Rans Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan.

Catatan buruk Persis Solo di fase 8 besar dirasakan saat pertarungan di kompetisi Divisi Utama 2014 silam.

Baca Juga:
Diremehkan, Indonesia Dianggap Tak Selevel 3 Negara Kuat di Piala AFF 2020

Saat itu, skuad asuhan Widyantoro tersebut tergabung dengan Borneo FC, Martapura FC, dan PSCS Cilacap. Menggunaan sistem kandang-tandang, Persis finish sebagai juru kunci sekaligus gagal melaku ke semifinal.

Sebagai tambahan catatan, laga terakhir melawan Martapura FC di Stadion Manahan berakhir dengan kerusuhan hingga menewaskan satu orang.

Tiga tahun berselang atau Liga 1 2017, Persis kembali melaju ke babak 8 besar. Musim itu, Persis dianggap memiliki skuad terbaik dengan gelontoran finansial 'wah' dari pemilik baru Sigid Haryo Wibisono.

Baca Juga:
Kevin/Marcus Gagal Juara BWF World Tour Finals 2021, Herry IP Tetap Bangga

Namun menjelang pertarungan di babak 8 besar kala itu, Persis sudah dihantam problem bertubi-tubi. Salah satunya sanksi 1,5 tahun yang didapatkan pelatih kepala Widyantoro.

Alhasil, manajemen akhirnya menujuk pelatih PSS Sleman, Freddy Muli sebagai nahkoda tim Kota Bengawan di babak 8 besar.

Dalam pertarungan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Persis gagal bersaing dengan Martapura FC, Kalteng Putra, dan PSMS Medan.

Baca Juga:
Hadapi Lawan Berat di 8 Besar Liga 2, Ini 4 Pemain yang Bisa Dibeli Persis

Persis Solo hanya finish sebagai juru kunci grup dengan 3 poin sekaligus mengubur imipian lolos ke semifinal, plus promosi Liga 1.

Sementara itu, babak 8 besar Liga 2 2021 rencananya akan berlangsung 8 Desember mendatang dengan lokasi di tempat netral. Stadion Pakansari (Bogor) dan Stadion Patriot (Bekasi) digadang-gadang menjadi venue fase itu.

(Ronald Seger Prabowo)

Baca Juga:
5 Pemain Andalan Timnas Indonesia di Piala AFF yang Sudah Moncer Sejak Dini

Load More