Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia selebrasi saat mencetak gol ke gawang Myanmar di laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 akan segera dimulai. Lawan pertama yang bakal dihadapi skuat 'Merah Putih' adalah Kamboja pada Kamis (9/12/2021) malam WIB.

Indonesia sendiri tergabung di Grup B pada gelaran Piala AFF 2020. Selain Kamboja, Indonesia juga bakal menghadapi Vietnam, Laos, dan Malaysia.

Kamboja kini yang bakal menjadi tantangan pertama buat Evan Dimas dan kolega di kompetisi sepak bola terakbar se-Asia Tenggara ini.

Baca Juga:
Juventus Hajar Genoa, Berikut Klasemen Terbaru Serie A Italia 2021/2022

Timnas Indonesia juga sudah melakukan persiapan matang dengan melakukan pemusatan latihan di Turki dan Jakarta. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Shin Tae-yong sudah pasti bakal memasang skuat terbaiknya di laga melawan Kamboja.

Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs Kamboja

Menilik serangkaian laga uji coba yang dilakukan Timnas Indonesia beberapa waktu belakangan, Shin Tae-yong banyak merotasi pemain untuk mendapatkan racikan terbaiknya.

Baca Juga:
Ralf Rangnick Bikin Rekor Bareng MU, Lampaui Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp

Namun untuk laga penting dan sudah memasuki kompetisi seperti sekarang, Shin rasanya bakal mengandalkan pemain-pemain yang sudah matang dan bermain menonjol di laga persiapan.

Untuk skema permainan, Shin Tae-yong kemungkinan besar masih bakal mengusung formasi 4-1-4-1 dengan hanya mengandalkan satu juru gedor saja.

Untuk penjaga gawang, Shin besar kemungkinan masih bakal mengandalkan Muhammad Riyandi yang sudah jadi kepercayaan Shin di gawang Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Bali United vs Arema FC Imbang, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Sementara 4 palang pintu di depan kiper yang bakal dipasang Shin untuk menjaga lini belakang adalah duet Fachruddin dan Victor Igbonefo di sektor bek tengah.

Kemudian Asnawi Mangkualam Bahar masih jadi andalan di sisi bek kanan dan Pratama Arhan bakal menyisir kembali dari sisi bek kiri.

Dengan menerapkan satu pemain jangkar di tengah, Shin masih bakal mengandalkan posisi ini kepada Rachmat Irianto.

Baca Juga:
Singapura dan Thailand Menang, Berikut Klasemen Grup A Piala AFF 2020

Kemudian untuk menjadi metronom di lini tengah bakal diserahkan kepada Evan Dimas dan Ricky Kambuaya. Sementara Witan Sulaeman dan Irfan Jaya bakal mengisi sektor sayap.

Untuk sektor penyerang, Shin Tae-yong membawa cukup banyak penyerang. Namun untuk laga pembuka melawan Kamboja nanti, Ezra Walian punya peluang turun sebagai starter.

Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs Kamboja: (4-1-4-1): Riyandi, Igbonefo, Fachruddin, Asnawi, Arhan, Irianto, Evan, Ricky, Witan, Irfan, Ezra.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More